Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Poros Tengah Andalkan Suara Pendukung Prabowo di Pilkada Jatim

Kompas.com - 11/11/2017, 15:27 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Bergabung di barisan koalisi poros tengah pada Pilkada Jawa Timur 2018 bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra mengandalkan suara yang diraih Prabowo Subianto di Pilpres 2014.

Pada Pilpres 2014, pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berhasil meraih 10,2 juta suara atau 46,8 persen suara di Jatim. Sementara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengantongi suara 11,6 juta atau 53,17 persen.

"Saya yakin, suara Prabowo Subianto masih utuh di Pilkada Jatim nanti," kata Sekretaris Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Sabtu (11/11/2017).

Sementara itu, suara 11,6 juta yang diraih Jokowi-JK dipastikan akan terpecah ke kubu Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansah.

"Di sini peluang kami untuk memenangkan Pilkada Jatim," ungkapnya.

Dia optimistis, koalisi poros tengah akan sukses memenangkan Pilkada Jatim tahun depan, karena akan membawa ide sekaligus figur baru di Pilkada Jatim.

Baca juga : Bertemu Khofifah, Zulkifli Hasan Sebut PAN Masih Terus Cari Calon untuk Pilkada Jatim

"Figur yang sudah muncul membuat pemilih jenuh karena sudah 2 kali bertarung di Pilkada Jatim. Figur yang kami usung nanti akan benar-benar baru dengan ide yang baru pula," terangnya.

Di parlemen Jatim, Partai Gerindra memiliki 13 kursi, PAN 7 kursi, dan PKS memiliki 6 kursi. Modal kursi itu disebut lebih dari cukup untuk mengusung pasangan sendiri di Pilkada Jatim.

Baca juga : Kalangan Pekerja Seni Dukung Anang Hermansyah Maju di Pilkada Jatim

Bahkan PAN dan PKS mencatat sejarah sukses mengantar Soekarwo-Saifullah Yusuf memenangkan Pilkda Jatim 2 kali pada 2008 dan 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com