Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Catat, Kita Punya Sejarah Menang di Pilkada Jatim"

Kompas.com - 08/11/2017, 22:09 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga partai koalisi poros tengah, yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), sangat yakin akan memenangkan pasangan calon yang diusungnya di Pilkada Jatim 2018.

Salah satu faktor yang membuat yakin adalah tiga partai ini memiliki catatan sejarah menang di dua kali Pilkada Jatim yakni pada 2008 dan 2014.

"Catat, Kita punya sejarah menang di Pilkada Jatim," kata Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim, Agus Maimun, dikonfirmasi, Rabu (8/11/2017).

Agus menyebut, koalisi partainya bukan sekadar poros tengah, melainkan Poros Emas. "Yang kita usung adalah ide gagasan emas dan pasangan yang memiliki latar belakang emas," tegasnya.

(Baca juga : Jelang Pilkada Jatim 2018, Partai Poros Tengah Siapkan Kejutan)

Sayangnya Agus enggan menyebut siapa pasangan yang akan diusung di Pilkada Jatim tahun depan. Dia hanya menyebut, figur pasangan yang diusung memiliki ide gagasan yang konstruktif untuk membangun Jatim 5 tahun ke depan.

Catatan Kompas.com di Pilkada Jatim 2014, PAN, Gerindra, dan PKS masuk di barisan pendukung petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf bersama beberapa partai lainnya yang parlemen maupun non parlemen.

Sementara di Pilkada 2008, PAN dan PKS juga masuk dalam barisan pendukung pasangan yang sama bersama Partai Demokrat. Sementara Partai Gerindra saat itu baru memulai aktivitas politiknya di Indonesia. 

Kompas TV Saat ini, ada dua bakal cagub yakni Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com