Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Dua Nama, Siapa Calon "Pendamping" Khofifah pada Pilkada Jatim?

Kompas.com - 06/11/2017, 08:17 WIB
Achmad Faizal

Penulis

Surabaya, Kompas.com - Tim yang terdiri dari sembilan kiai (Tim 9) yang diminta Khofifah Indar Parawansa untuk mencari pendampingnya untuk Pilkada Jatim 2018 mengerucutkan pilihan menjadi dua nama. Sayangnya, Tim 9 menolak menyebutkan dua nama tersebut.

Tim juga menolak bahwa dua nama itu berasal dari kultur wilayah tertentu, seperti Mataraman atau Tapal Kuda. "Intinya mengerucut pada dua nama, tapi maaf saya tidak bisa menyebut," kata Juru Bicara Tim 9, Asep Saifudin Chalim, seusai menggelar pertemuan tertutup di kediamannya di Surabaya, Minggu (5/11/2017) malam.

Dia menambahkan, Khofifah mengaku cocok dengan kedua nama yang disodorkan Tim 9. "Saat ini kami masih sodorkan dua nama itu kepada tiga partai pengusung Khofifah karena harus disetujui oleh partai dan bisa berkomunikasi dan bekerja sama dengan partai pengusung," ucap Asep.

Dia berharap, dalam sepekan ke depan, sudah muncul satu nama cawagub Khofifah dan segera dideklarasikan. Beberapa nama yang muncul dalam bursa pendamping Khofifah antara lain Hasan Aminudin (DPR RI), Ipong Muchlison (Bupati Ngawi), dan Emil Elistyanto Dardak (Bupati Trenggalek).

Baca juga: Hari Ini, Khofifah Temui Forum Kiai Jatim Bahas Hasil Survei Cawagub

Khofifah diusung oleh tiga partai, yakni Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Golkar. Sementara itu, PKB dan PDI-P sudah mendeklarasikan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jatim dan Abdullah Azwar Anas yang menjabat Bupati Banyuwangi.

Kompas TV Bupati Trenggalek Emil Dardak banyak disebut jadi pendamping yang pas untuk Khofifah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com