Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, Pengendara Matikan Mesin dan Mengheningkan Cipta

Kompas.com - 10/11/2017, 21:20 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Ada kegiatan menarik yang digagas Satuan Lantas Kepolisian Resor Grobogan, Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2017).

Pagi itu, tepat pukul 08.15 WIB, Sat Lantas Polres Grobogan menghentikan para pengendara di sejumlah titik lokasi "traffic light" di kawasan perkotaan Purwodadi.

Satlantas Polres Grobogan bukan merazia kendaraan bermotor, tapi mengajak para pengguna jalan yang kebetulan melintas berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta

Pengendara diminta untuk berdoa kepada para pahlawan yang gugur di medan pertempuran, maupun para pahlawan yang wafat dengan meninggalkan karya bermanfaat bagi bangsa.

(Baca juga : Pada Hari Pahlawan, Cuma Rp 2.000 Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini )

Di kawasan traffic light, polisi membentangkan spanduk berisihimbauan kepada pengendara. Spanduk tersebut bertuliskan "Pengendara Dimohon Berhenti Sejenak Selama 60 Detik".

Melalui pengeras suara, polisi lalu meminta para pengendara mematikan mesin kendaraan selama satu menit. Langkah itu diambil untuk menjaga kekhusyukan para pengendara ketika berdoa.

Kegiatan ini sontak mengejutkan para pengendara yang tertahan saat itu. Namun setelah mengetahui perihal kegiatan peringatan Hari Pahlawan, para pengendara mulai bersimpati.

"Kaget sih mas, saya kira ada operasi lalulintas. Kebetulan tadi STNK tertinggal karena keburu ingin ke kantor. Untungnya tidak ada pemeriksaan surat-surat kendaraan. Kegiatan ini sangat bagus. Meski hanya sebentar, tapi saya berdoa yang terbaik buat para pahlawan," tutur Ivan Poniyanto (35), karyawan swasta di Purwodadi.

(Baca juga : Cara Unik Polisi di Tangerang Peringati Hari Pahlawan )

Kepala Unit Dikyasa Satlantas Polres Grobogan, Iptu Umbarwati menyampaikan, spanduk imbauan mengheningkan cipta dibentangkan tepat pukul 08.15 WIB.  Kami harap masyarakat senantiasa menghargai dan mengenang jasa para pahlawan," katanya.

Sementara itu, dalam peringatan Hari Pahlawan juga dilangsungkan upacara di Alun-alun Purwodadi.

Bupati Grobogan Sri Sumarni berindak sebagai inspektur upacara dalam kesempatan itu. Seusai upacara, dilangsungkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Purwodadi.

Kompas TV Setiap Hari Pahlawan tiba beliau bercerita tentang bagaimana kemerdekaan diraih dengan darah dan air mata.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com