Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ajak Generasi Milenial Berjuang di Era Zaman "Now"

Kompas.com - 10/11/2017, 20:26 WIB
Josephus Primus

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Spirit perjuangan dan pengorbanan para pahlawan harus tetap dilanjutkan oleh seluruh masyarakat khususnya generasi muda. Meski, hidup di masa milenial yang sohor dengan sebutan generasi zaman "now", mereka tidak  lupa akan tanggung jawab sebagai generasi bangsa.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di sela upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor Gubernur Jateng, di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat (10/11/2017).

"Generasi milenial sekarang cara perjuangan dan pengorbanannya juga harus milenial. Pokoknya semua perjuangan harus masuk era zaman 'now'," kata Ganjar.

Selama ini, sudah banyak generasi muda yang telah mewujudkan hal itu dengan kreasi dan inovasi mereka masing-masing.

"Misalnya sudah terbentuk komunitas sosial anak muda yang senang membantu orang yang kekurangan. Bahkan mereka membuat founding untuk membiayai orang-orang yang membutuhkan," imbuhnya.

Ada pula, lanjut dia, kegiatan lain yang sifatnya ramai namun unik. Misalnya, anak-anak muda yang membentuk komunitas untuk peduli korupsi, melaporkan ketidakadilan, melaporkan berbagai pelangaran dan sebagainya.

"Nah kita dari pemerintahan hanya perlu mendorong dan menyisipkan spirit perjuangan serta pengorbanan para pahlawan agar semua aksi yang anak muda jaman sekarang lakukan itu berarti," kata Ganjar.

"Intinya, spiritnya kita berikan dan biarkan mereka mengaplikasikan sesuai era sekarang," imbuhnya menegaskan.

Ganjar juga menerangkan jika anak-anak muda tidak bisa dipaksakan untuk melakukan berbagai hal seperti yang orang tua lakukan. Mereka sudah hidup di zamanya dan tugas orang tua adalah menyesuaikan dengan generasi milenial saat ini.

"Jadi jangan dilarang, biarkan mereka melakukan berbagai hal melalui kemajuan teknologi sebagai bentuk etos perjuangan dan pengorbanan mereka bagi bangsa dan negara," pungkasnya.

Beri bantuan

Usai menggelar upacara Hari Pahlawan, Ganjar kemudian berziarah ke Makam Pahlawan Giri Tunggal Jawa Tengah. Di lokasi itu, Ganjar melakukan upacara tabur bunga di makam para pahlawan diikuti sejumlah pejabat lain.

Dalam kesempatan itu pula, Gubernur Jawa Tengah juga memberikan sejumlah bantuan kepada anak berkebutuhan khusus dan para veteran. Bantuan di antaranya kursi roda serta bantuan lain yang dibutuhkan mereka.

Salah satu veteran penerima bantuan, Marjanto,82 mengaku senang mendapatkan bantuan kursi roda dari Ganjar. Sebab selama ini, Marjanto sudah kesulitan berjalan karena faktor usia.

"Senang sekali dapat bantuan kursi roda ini, jadi aktivitas bisa normal dan lancar," kata Marjanto yang pernah berjuang di berbagai wilayah Indonesia seperti Timur-Timur, Sumatera bahkan di Timur Tengah ini tersenyum. (KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ANDI KAPRABOWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com