Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Terharu Ditelepon Langsung sama Pak Ganjar..."

Kompas.com - 08/11/2017, 20:51 WIB
Josephus Primus

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dikenal aktif dalam menggunakan media sosial khususnya Twitter. Melalui akun resminya @ganjarpranowo, ia aktif berkicau banyak hal. Tak cuma itu, Ganjar bahkan menampung dan menyelesaikan berbagai keluhan dari masyarakat.

Tak hanya sekadar membalas cuitan di akunnya, Ganjar selalu meminta nomor telepon warga masyarakat jika laporan mereka mendesak untuk ditangani.

Yang terbaru, Ganjar mendapat aduan dari salah satu Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap (GTT PTT) Kabupaten Cilacap.

Adalah akun @ellen_gosas milik Sasmito yang melaporkan tentang nasib ribuan guru yang berstatus GTT PTT di Cilacap. Mendapat laporan itu, Ganjar langsung meminta nomor telepon yang bersangkutan.

Untuk yang satu ini, Ganjar benar-benar menelepon Sasmito, si pemilik akun.  "Benar mas, saya kemarin ditelepon Pak Ganjar. Saya sampai sekarang saja masih terharu dan tidak percaya kalau benar-benar ditelepon Pak Ganjar," kata Sasmito, hari ini.

Menurut Sasmito, Ganjar berbicara dengan nada ramah dan terkesan kebapakan. Dalam percakapan itu, Ganjar meminta Sasmito menjelaskan duduknya permasalahan.

"Saat ditelepon itu, saya sambil ndredeg (bergetar) menjelaskan permasalahan yang kami hadapi. Beliau (Ganjar) mendengarkan dengan seksama dari awal sampai akhir," imbuhnya.

Sasmito menerangkan kepada Ganjar jika nasib ribuan guru GTT PTT Kabupaten Cilacap tidak jelas. Selain tidak terdata di Badan Kepegawaian Daerah (BKD), mereka juga mendapat upah jauh dari layak dan belum mendapatkan jaminan kesehatan.

"Gaji kami antara Rp 200.000-Rp 500.000. Makanya, kami sudah menggelar aksi damai sebelumnya untuk menuntut kesejahteraan kami," terangnya.

Saran

Sasmito mengaku, dalam percakapan telepon tersebut Ganjar hanya memberikan saran dan mendukung aksi yang dilakukan ribuan guru GTT PTT Kabupaten Cilacap.

"Pak Ganjar menyarankan kami menyelesaikan permasalahan ini dengan pemda dulu. Selain itu beliau juga akan akan membawa permasalahan kami ini saat acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persatuan Guru Repbulik Indonesia (PGRI)," tuturnya.

Sasmito mengaku terharu dengan perhatian Ganjar Pranowo terhadap permasalahannya itu. Menurutnya, Ganjar terbukti benar-benar menjadi pemimpin yang peduli dengan rakyatnya.

"Ya sangat luar biasa, saya sampai terharu ada seorang gubernur memerhatikan rakyat kecil seperti saya. Seumur hidup saya, baru kali ini saya ditelepon gubernur," terangnya.

Aksi Gubernur Ganjar Pranowo menelepon Sasmito itu kemudian dijadikan status olehnya. Cuitan itu mendapat tangapan banyak warganet. Bahkan, banyak pula di antara mereka yang cemburu dengan hal itu.

Adalah akun @guruh_suasana yang membalas status Sasmito itu dengan cuitan 'Aku yo pingin dihubungi mas @ganjarpranowo hahah kapan yo.

Ada pula yang menanggapi kesigapan Ganjar menyelesaikan persoalan di media sosial dengan acungan jempol. Seperti akun @ArisSaiful2 yang mengatakan '@ganjarpranowo tanggap dan mengayomi benar selalu bapak. Smg permasalahan dapat diselesaikan dengan baik. Sehat selalu bapak @ganjarpranowo. (KONTRIBUTOR JAWA TENGAH/ANDI KAPRABOWO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com