Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Prosesi Siraman, Gubernur Erry Doakan Bobby-Kahiyang

Kompas.com - 07/11/2017, 21:23 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Mengenakan pakaian adat Jawa lengkap, Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi melakukan tradisi siraman menjelang pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution.

Erry ditunjuk mewakili pihak pengantin pria. Dia menyirami Bobby bersama sepuluh tokoh lainnya yang bukan berasal dari etnis Jawa.

Prosesi ini membuatnya sangat berkesan dan menarik karena penuh makna dan nilai-nilai yang punya arti tersendiri. Acara adat ini berlangsung di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, pihak pengantin wanita melangsungkan tradisi bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet di hari yang sama di kediaman pribadi Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjar Sari, Surakarta.

(Baca juga : Malam Midodareni, Bobby Tak Boleh Masuk ke Rumah Kahiyang)

Pada kesempatan ini, Erry datang bersama istrinya Evi Diana Sitorus. Keduanya berdoa untuk kebahagiaan Kahiyang dan Bobby yang berpacaran sejak kuliah itu.

"Insya Allah menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah. Dikaruniai amanah anak-anak yang saleh dan salihah, serta menjaga tradisi Rasulullah SAW. Sekali lagi, selamat berbahagia dan menempuh hidup baru untuk Bobby dan Kahiyang," ucap Erry.

Busana Jokowi dan keluarga saat prosesi siramanJimboeng Photography/allseasons Busana Jokowi dan keluarga saat prosesi siraman
Untuk prosesi wilujeng kenduri, acara berlangsung sejak sore di rumah pribadi Jokowi. Malam sebelum hari pernikahan, di rumah itu juga digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni mulai pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Untuk ijab kabul, digelat Rabu (8/11/2017) pukul 09.00 hingga 10.15 WIB di gedung Graha Saba Buwana, Jalan Letjen Suprapto, Banjar Sari.

(Baca juga : Pramono Anung: Karpet Pernikahan Kahiyang Bekas dan Sudah Mengelupas)

Ada dua tokoh negara yang akan menjadi saksi nikah Kahiyang dan Bobby. Mereka adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Siangnya, setelah resmi menjadi suami istri, Kahiyang dan Bobby menggelar resepsi pernikahan di tempat yang sama, dilanjut resepsi kedua pada malam harinya.

Setelah itu, pesta akan dilanjutkan di Kota Medan, di rumah Bobby pada 24 sampai 26 November 2017.

Seperti diketahui, Kahiyang Ayu adalah putri satu-satunya Presiden Joko Widodo dan Iriana. Sementara Bobby Afif Nasution adalah putra pasangan Almarhum Erwin Nasution dan Ade Hanifah Siregar.

Kompas TV Prosesi sungkeman digelar di kediaman Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com