Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Wagub Kalah dalam Pilkada, Gus Ipul Sebut Percaya pada Usaha

Kompas.com - 02/11/2017, 22:39 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengaku tidak percaya mitos kekalahan wakil gubernur di beberapa Pilkada di Indonesia. Dia hanya percaya, setiap usaha selalu ada hasilnya.

"Saya kurang percaya mitos, tapi saya percaya setiap usaha pasti ada hasil, dan setiap proses tidak akan mengkhianati hasilnya," kata mantan menteri pembangunan daerah tertinggal era Presiden Abdurahman Wahid ini, dikonfirmasi Kamis (2/10/2017).

Terkait majunya dalam Pilkada Jatim 2018 bersama Abdullah Azwar Anas, Gus Ipul mengaku sudah mengawali proses sejak lama.  "Kerja politik dari menyapa masyarakat hingga pendekatan kepada partai politik sudah saya lakukan sebagai bagian dari ikhtiar. Hasilnya nanti biar Tuhan yang menentukan," ucapnya.

Sebelumnya, Lembaga Konsultan Politik IT Research Politic Consultant (IPOL) Indonesia menyebut majunya Gus Ipul di pilkada 2018 memiliki tantangan besar, salah satunya mematahkan mitos kekalahan wakil gubernur saat maju menjadi Gubernur di beberapa daerah dalam pilkada.

Baca: Mitos Wagub Selalu Kalah dalam Pilkada

Kata, Petrus Hariyanto, CEO Lembaga Konsultan Politik IT Research Politic Consultant (IPOL), beberapa wakil gubernur yang kalah dalam pilkada antara lain, Rano Karno di Pilkada Banten, Muallem di Pilkada Aceh, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pilkada DKI, dan Rustam Efendi di Pilkada Bangka Belitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com