Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra, PAN, PKS, Galang Kekuatan Poros Tengah di Pilkada Jatim

Kompas.com - 27/10/2017, 14:28 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Tiga partai disebut mematangkan rencana menggalang kekuatan "Poros Tengah" di Pilkada Jatim 2018.

Ketiga partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mereka tidak akan mengusung 2 nama cagub yang sudah muncul, yakni Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansah.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad mengatakan, ketiga partai itu sudah menggelar pertemuan dan memantapkan koalisi Kamis (26/10/2017) kemarin. "Kita lebih dari cukup untuk mengusung pasangan calon di Pilkada Jatim," ujarnya, Jumat (26/10/2017).

Di parlemen Jatim, Partai Gerindra memiliki 13 kursi, PAN 7 kursi, dan PKS memiliki 6 kursi. Sementara syarat minimal mengusung pasangan calon di Pilkada Jatim adalah 20 kursi. "Kami masih membuka diri jika masih ada partai yang bersedia bergabung," ujarnya.

(Baca juga : Pilkada Jatim 2018, Khofifah Diminta Cermat Pilih Cawagub)

Dalam pertemuan terakhir dengan PAN dan PKS, pembahasan masih seputar tabulasi nama-nama yang layak untuk diusung di Pilkada Jatim. Masing-masing partai, sambung dia, masih dalam tahap menyampaikan nama-nama yang layak untuk diusung.

Indikasi ketiga partai tersebut akan menggalang koalisi, sudah terlihat sejak akhir September lalu. PAN, Gerindra, dan PKS membuat acara nonton bareng Film Pemberontakan G30 S/PKI di Surabaya.

Hingga hari ini, 5 partai sudah menentukan dukungan politiknya di Pilkada Jatim 2018. PKB dan PDI-P mengusung pasangan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Sementara Golkar, Nasdem, dan PPP memilih Khofifah Indar Parawansah sebagai gubernur Jatim pengganti Soekarwo. 

Kompas TV Khofifah sejauh ini mengantongi dukungan dari Golkar, Nasdem dan Hanura.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com