Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Bandung, Dubes Perancis Bakal Bantu Permak Stasiun Bandung

Kompas.com - 20/10/2017, 16:43 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kedatangan Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet beserta Istri, Caroline Berthonnet di Pendopo Kota Bandung, Jumat (20/10/2017).

Dalam pertemuan itu, Berthonnet turut membawa enam petinggi perusahaan asal Perancis untuk berinvestasi di Bandung. Mereka akan menindaklanjuti rencana kerja sama, terutama dalam bidang teknologi, transportasi, dan infrastruktur.

Perusahaan-perusahaan yang hadir dalam pertemuan itu antara lain AFD, IFI Bandung, Tauzia, Colas Rail, Parkeon, Dassault Systéme.

Kerja sama ini merupakan lanjutan dari kegiatan City of Tomorrow Bandung yang digagas Business France, lembaga nasional Perancis yang mendukung perkembangan ekonomi internasional negara berkembang pada Februari 2017.

(Baca juga: Ridwan Kamil: Teknologi Tak Bisa Dilawan, Semua Urusan Pelan-pelan Mengikuti)

Berthonnet menjelaskan, ia sengaja datang mengantarkan para pebisnis dari negaranya untuk membahas teknis kerja sama yang akan dijalin.

"Kami paham bahwa Bandung tengah serius dalam mengembangkan smart city dan transportasi. Maka kami bawa perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi itu," tutur Berthonnet.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, salah satu proyek yang tengah digarap Pemerintah Perancis di Bandung adalah rencana revitalisasi Stasiun Bandung yang terletak di Jalan Kebon Kawung.

Untuk proyek itu, Pemerintah Perancis rencananya akan memberi pinjaman dana senilai Rp 1,3 triliun.

"Berita besarnya mereka akan memberikan bantuan loan sebesar Rp 1,3 triliun untuk merevitalisasi kawasan Kebon Kawung dan Stasiun KA untuk dimoderenisasi menjadi stasiun berkelas dunia. Sedang proses di Bappenas nanti gambarnya saya posting," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Emil menjelaskan, dengan dana itu Stasiun Bandung bakal dipermak menjadi berstandar internasional.

"Stasiun Kota Bandung akan berstandar internasional dengan nilai revitalisasinya kurang lebih Rp 1,3 triliun. Saya ikut mendesain juga arah desainnya," jelasnya. 

Kompas TV Pemkot Bandung meluncurkan Mobil Kasih alias Mobil Konseling Silih Asih.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com