Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Bengkulu, 3 Jembatan Putus, 10 Rumah Hanyut

Kompas.com - 22/09/2017, 17:43 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Banjir kiriman yang datang dari dua kabupaten sekitar Kota Bengkulu mengakibatkan tiga jembatan rusak. Tak hanya itu, banjir juga merendam permukiman di Bengkulu, Jumat (22/9/2017).

Hujan deras yang terjadi sepanjang Rabu (20/9/2017) ditambah buruknya daerah hulu membuat air di sungai meluap. Setidaknya, tedapat dua sungai yang mengirimkan banjir ke Kota Bengkulu. 

Kedua yakni Sungai Bengkulu yang hulunya terletak di Kabupaten Bengkulu Tengah. Lalu Sungai Jenggalu yang hulunya berada di Kabupaten Seluma. 

Akibat banjir kiriman itu, setidaknya tiga jembatan di Kampung Bahari Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu putus setelah diterpa banjir bandang. Kondisi ini membuat ratusan warga di RT 12, 13, dan 18 terisolasi.

(Baca juga: Korban Banjir Mukomuko Bengkulu Tolak Bantuan BPBD)

 

Salah satu warga RT 13, Asep mengatakan, banjir menyebabkan 10 rumah hanyut dibawa arus Sungai Jenggalu. "Banjir bandang menyebabkan jalan dan jembatan tergerus," ujar Asep.

Hujan deras dan banjir besar juga mengakibatkan jalan lintas Bengkulu-Lampung tepatnya di Kabupaten Seluma sempat terganggu. Petugas dari BPBD sejauh ini terus melakukan langkah-langkah evakuasi dan penanggulangan bencana. 

Kompas TV Akibat diguyur hujan deras, sebagian wilayah di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Tergenang banjir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com