Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hari Hilang, Kapal Nelayan Ditemukan di Perairan Maluku Utara

Kompas.com - 02/09/2017, 16:18 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com-Kapal nelayan KM Yora 03 yang dilaporkan hilang kontak sejak Jumat pekan lalu akhirnya ditemukan oleh tim SAR gabungan di Perairan Kepulauan Sula, Maluku Utara, Jumat (1/9/2017).

Kapal yang mengangkut 15 nelayan asal Ambon itu ditemukan setelah tim SAR gabungan mengerahkan pesawat milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk melakukan pencarian melalui udara.

Kepala Basarnas Ambon, Setiawan Gerda mengatakan kapal tersebut ditemukan setelah pihaknya mengirim berita pelayaran (Mapel) melalui stasiun radio pantai dan memberitahukan posisi koordinat kapal tersebut kepada SAR Rescue Unit udara dari Bakamla.

“Kita kerja sama semua pak. Basarnas, Bakamla, TNI, Perusahaan KAPAL, Masyarakat nelayan semua bekerja bersama-sama mencari kapal Yora 3 ini,” kata Setiawan kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (2/9/2017).

 

Baca: Kapal Nelayan Hilang di Perairan Maluku, Tim SAR Kerahkan Pesawat

Dia mengaku berita pelayaran melalui stasiun radio pantai itu juga dikirim ke Kapal Nusantara Jaya melalui SSB. Kapal inilah yang kemudian merespon informasi tersebut dan menarik kapal Yora 03 menuju Pulau Ambon.

“Kita bisa berkomunikasi dengan Kapal Nusantara Jaya melalui SSB sehingga kita selalu di update posisi Nusantara Jaya yang sedang menarik Yora 3. Koordinat ini yg kita sampaikan ke SAR Rescue unit udara dari Bakamla,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan nelayan yang ada di dalam kapal tersebut semuanya dalam keadaan selamat.

”Kondisi semua nelayan di kapal itu dalam keadaan selamat,”sebutnya.

Sementara itu informasi yang dihimpun dari BPBD Maluku menyebutkan jika kapal Yora 03 masih terus ditarik oleh Tim SAR gabungan menuju Pulau Ambon.

 

Baca: Dua Awak Kapal Hilang Berikut Muatan 25.000 Dus Minuman Kaleng

“BPBD bersama Tim SAR gabungan saat ini sedang menarik kapal tersebut dari perairan Maluku Utara menuju Pulau Ambon,” kata petugas Pusdalops BPBD Maluku, Herry Latuheru.

Kapal Yora 03 ini hilang kontak sejak Jumat pekan lalu setelah bertolak dari Ambon menuju peraian Seram Bagian Barat.

Tim Sar gabungan sendiri mengerahkan sebuah pesawat dari Bakamla RI untuk mencari kapal tersebut.

Kompas TV 16 Kapal Nelayan Hangus Terbakar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com