Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Presiden, Saya Pilih Sepeda yang Warnanya Merah"

Kompas.com - 31/08/2017, 19:26 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan hadiah berupa sepeda kepada tiga orang warga Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (31/8/2017).

Sebelum mendapatkan sepeda jenis mountain bike ini, ketiga warga itu menjawab pertanyaan Presiden Jokowi yang hadir dalam acara penyerahan 5.500 sertifikat tanah untuk rakyat Kota dan Kabupaten Sukabumi di Setukpa Polri.

Satu di antaranya, Neneng Fauziah (35) warga Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi yang membacakan isi Pancasila tanpa teks. Meskipun sempat akan membacakan sila keempat pada saat akan membacakan sila kedua. Namun cepat diralat.

"Saya hapal teks Pancasila, tapi gugup. dan grogi Pak Presiden," kata Neneng selesai membacakan teks Pancasila di atas panggung.

Baca juga: Jokowi: Sertifikatnya Dibungkus Plastik, Kalau Genting Bocor Aman

Saat akan diberikan hadiah sepeda oleh Jokowi, Neneng pun sempat meminta sepeda yang warnanya merah. "Pak Presiden, saya pilih sepeda yang warnanya merah," ucap dia.

Salah seorang pemenang hadiah lainnya, Asep Suganda berhasil menyebutkan tujuh nama suku di Indonesia yang diminta Presiden Jokowi. Warga Kecamatan Cireunghas ini menyebutkan satu persatu, mulai dari suku Sunda, Jawa, Madura, Asmat, Bugis, Dayak, dan Batak.

Sementara Kosib yang berusia 70 tahun beruntung mendapatkan sepeda setelah Presiden Jokowi menanyakan luasan lahan yang tertulis dalam sertifikat. Warga Desa Cikurutug, Cireunghas, Kabupaten Sukabumi ini menjawab 843 meter persegi. Setelah dicek dalam sertifikat yang baru diterimanya itu ternyata sesuai dan benar.

"Namanya Kosib, warga Kabupaten Sukabumi. Luasan tanahnya 843 meter persegi, berarti benar," kata Jokowi sambil memegang sertifikat milik Kosib.

Ketiga warga itupun langsung mengambil sendiri sepeda yang sudah terpajang di depan panggung utama.

Kompas TV Putra Jokowi Jual Kaos di Bundaran Gladag Solo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com