Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo: Selama Ini Saya Nyaman dengan Pak Heru...

Kompas.com - 22/08/2017, 19:19 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Ganjar Pranowo merasa sudah cocok bekerja dengan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko selama dirinya menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah sejak 2013 lalu. Namun dirinya mengaku tidak mempunyai kuasa untuk menentukan pasangan yang akan bersanding pada Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018 mendatang.

Ganjar sendiri telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah melalui DPD PDI Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah, di Semarang, 11 Agustus 2017 lalu.

"Selama ini saya nyaman dengan Pak Heru. Tapi problemnya adalah, kita tidak bisa menentukan siapa pasangan yang akan maju besok, tapi dari partai (yang menentukan). Biasanya dijodohkan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP)," kata Ganjar Pranowo, usai membuka Konferensi Nasional Pendidikan Bencana (Konas PB) 2 Tahun 2017 di Universitas Muhammadiyah Magelang, Selasa (22/8/2017).

Menurut dia, kecocokan antara dirinya dan Heru terlihat dari berbagai program yang sudah berjalan baik selama ini. Keduanya saling mendukung, terutama dalam upaya reformasi birokrasi dan revolusi mental.

"Saya bawa agenda reformasi birokrasi, jalan. Pemerintahan bersih, jalan. Tidak pernah targetkan setor-setoran,jalan. Mereka yang kurang ajar kita sikat bareng. Kita canangkan revolusi mental itu juga jalan," ucapnya.

Baca juga: Golkar Jateng Komentari Langkah Ganjar Temui DPP Golkar

Ganjar menyebut, sebagai petahana, pencalonan dirinya dalam bursa Pilkada Jawa Tengah adalah tradisi dalam PDI-P. "Tradisi kita (PDI-P), incumbent pasti maju lagi, kecuali enggak direstui. Kalau enggak buruk-buruk amat pasti direstui (maju lagi)," tutur suami Siti Atiqoh Ganjar ini.

Ketika ditanya terkait program atau pekerjaan rumah yang masih belum selesai dilaksanakan oleh dirinya dan Heru selama masa pemerintahannya, Ganjar menyebut masih banyak yang perlu dirampungkan.

"Banyak, salah satunya jalan di Magelang masih banyak yang rusak," ucapnya.

Ganjar menjelaskan rekruitmen bakal calon kepala daerah melalui PDI-P Jawa Tengah telah usai. Saat ini sudah pada tahap seleksi untuk Gubernur/Wakil Gubernur. Dia menyebut, ada 24 orang yang mendaftar melalui partai pimpinan Megawati Soekarno Putri itu. 

Kompas TV Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2018-2023.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com