Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relawan La Nyalla Bangun Gardu Keadilan Sosial

Kompas.com - 21/08/2017, 18:04 WIB
Achmad Faizal

Penulis

Kompas TV Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam waktu dekat akan menghadap Presiden Joko Widodo, untuk menyatakan niatnya maju di Pilkada Jatim 2018.

SURABAYA, KOMPAS.com - Beragam cara para calon gubernur Jawa Timur untuk membangun pencitraan dan menghimpun dukungan dari masyarakat.

Relawan La Nyalla Mahmud Matalitti memiliih mendirikan Gardu Keadilan Sosial sebagai instrumen program andalannya jika dia terpilih nanti.

Baca juga: La Nyalla: Saya Kader Gerindra, Masa Gerindra Tak Dukung Saya

Gardu Keadilan Sosial dibentuk setelah La Nyalla banyak menemukan banyak fakta sosial saat dia berkeliling ke berbagai daerah di Jatim beberapa bulan terakhir.

"Ternyata banyak warga Jatim yang mengalami ketidakadilan sosial dalam kehidupannya," kata Koordinator Gardu Keadilan Sosial, Rohmad Amrullah, Senin (21/8/2017).

Menurut Rohmad, Gardu Keadilan Sosial didirikan sebagai upaya La Nyalla agar masyarakat memperoleh hak-hak konstitusionalnya sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang.

Setelah menerima pengaduan dari masyarakat, kata dia, tim akan mendalami dengan menganalisis fakta, data, peraturan perundangan dan konteks masalahnya.

"Kami juga angkat persoalan ini ke publik agar menjadi atensi publik. Lalu kami komunikasikan ke para pihak terkait. Lalu kami tentukan bentuk advokasi lanjutannya, apakah sampai ke ranah litigasi dengan judicial review atas kebijakan atau langkah yang lain,” ungkapnya.

Baca juga: Kejati Jatim Belum Terima Salinan Putusan MA soal Kasus Korupsi La Nyalla

Gardu Keadilan Sosial yang berkantor di Jaksa Agung Suprapto 23 Surabaya itu memiliki cabang di 38 kabupaten dan kota yang dikawal oleh relawan La Nyalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com