Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Selama Janur Kuning Belum Melengkung, Semua Masih Mungkin

Kompas.com - 14/08/2017, 15:17 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat bicara mengenai sinyal koalisi antara PDI-P dan Golkar dalam konstelasi Pilkada Jabar 2018 mendatang. Ia mengatakan, dinamika politik saat ini masih belum pasti.

"Selama janur kuning belum melengkung, semuanya masih mungkin," ujar Emil, sapaan akrabnya di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Senin (14/8/2017).

Emil berkaca pada Pilkada DKI Jakarta dimana dinamika politik terus begulir hingga detik terakhir pendaftaran. Situasi serupa, sambung Emil, bisa terjadi di Pilkada Jabar.

"Kalau kita berkaca pada Pilkada Jakarta, keputusan siapa yang ikut Pilkada kan diakhir-akhir. Tiba-tiba Pak Anies Baswedan juga masuk. Tiba-tiba Agus Harimurti Yudhoyono bikin breaking news mundur dari militer. Jadi sebelum hari pendaftaran semua kalkulasi itu tidak ada yang final," tuturnya.

(Baca juga: PDI-P Masih Incar Kursi Gubernur di Pilgub Jabar)

 

Karena itu, Emil mengaku masih terus berkomunikasi dengan seluruh partai termasuk PDI-P dan Golkar untuk mendulang dukungan. Namun, ia pun tak mempermasalahkan jika akhirnya PDI-P dan Golkar tak mendukungnya.

"Jadi proses didukung tidak didukung dalam politik itu biasa. Sebagai objek dari politiknya, kita tidak pernah menutup diri berkomunikasi ke semua partai," ucapnya.

Jika tak didukung, ia berencana mencari dukungan partai lain yang punya misi dan visi sama.

"Setiap partai punya kalkulasi. Pertama apakah bisa berkoalisi sendiri, kedua kalau berkoalisi koalisi dengan siapa, ketiga mendahulukan kadernya. Kalau tidak bisa nanti dealnya apa. Nah hari ini berita masih berkutat di masalah ini," ungkapnya.

(Baca juga: Akan Koalisi, PDI-P dan Golkar Siap Tutup Pintu untuk Ridwan Kamil)

"Kalau PDI-P dan Golkar ternyata seperti yang dipersepsikan ya tidak ada masalah, dicari aja partai lain yang sepaham komunikasinya baik visinya juga sama," tutupnya. 

Kompas TV PDI Perjuangan memastikan tak akan mengusung Ridwan Kamil pada Pilgub Jabar yang telah diusung oleh Partai Nasdem.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com