Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Balon Wali Kota Bandung, Umam Tawarkan Konsep Ramah Keluarga

Kompas.com - 31/07/2017, 13:28 WIB
Reni Susanti

Penulis

KOMPAS.com, BANDUNG - Penjaringan bakal calon Wali Kota Bandung di DPC Partai Hanura diramaikan oleh sosok Khaerul Umam. Akademisi berusia 31 tahun ini optimistis bisa mengelola Bandung bila terpilih menjadi wali kota pengganti Ridwan Kamil.

"Saya hadir dan mendaftar bakal calon wali kota hanya sebagai perwakilan warga Kota Bandung, bukan mewakili ormas, universitas atau lembaga apapun," ujar Umam, Senin (31/7/2017).

Umam menawarkan konsep, Bandung ke depan harus menjadi kota yang ramah keluarga. Artinya, masyarakat Kota Bandung dari anak-anak sampai orangtua harus merasa nyaman dan aman serta mampu membangun lingkungan masing-masing keluarga secara sehat.

"Saya rasa masih banyak sekolah yang belum difasilitasi jembatan penyebrangan, yang tentu sangat berbahaya bagi anak-anak. Insya Allah ke depan kita bangun bersama Kota Bandung menjadi Kota yang ramah keluarga," ucapnya.

(Baca juga: Maju Pilkada Bandung 2018, Farhan Klaim Didukung Ridwan Kamil )

Sementara itu, pemerhati politik Andri P Kantaprawira mengatakan, KHaerul Umam bisa menjadi joker dalam Pilkada Kota Bandung. "Namanya Joker, apapun kartunya bisa masuk. Umam punya jejaring keislaman dan kesundaan yang bagus," ungkap Andri.

Begitupun dengan Hanura. Ia menilai, Hanura saat ini memiliki peran yang sama, sebagai joker. Dengan kapasitas 6 kursi di parlemen Kota Bandung, partai yang dinahkodai Oesman Sapta Odang alias OSO ini berada pada posisi yang bebas menentukan posisi dalam menjalin koalisi dengan partai manapun.

"Sangat fleksibel. Partai lain ada yang sudah saling mengikat diri untuk berkoalisi seperti PKS dan Gerindra," tuturnya.

Kompas TV Ulama Deklarasi Dukungan Untuk Ridwan Kamil
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com