Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia di Mata Internasional, dari Pariwisata hingga Terorisme

Kompas.com - 27/07/2017, 21:23 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia tak pernah lepas dari sorotan media-media internasional.

Sepanjang 1 Januari hingga 15 Juli 2017, pemberitaan tentang Indonesia di 468 media online internasional mencapai 33.887 berita. Data ini dikumpulkan dari seluruh pemberitaan media online berbahasa Inggris dari 139 negara.

"Ada tiga isu yang muncul dominan dalam pembahasan tentang Indonesia di media internasional. Pertama, perekonomian dan perdagangan; kedua, industri Pariwisata; ketiga, ISIS dan terorisme," ujar Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/7/2017).

Rustika menjelaskan, tiga isu besar ini porsinya mencapai 64% dari seluruh pemberitaan mengenai Indonesia.

(Baca juga: Dalam Sehari Gili Trawangan Dikunjungi 2.600 Wisatawan)

Adapun rata-rata pemberitaan tentang Indonesia dalam media asing per bulannya mencapai 4.841 berita. Secara statistik, Februari 2017 merupakan bulan dengan ekspos tertinggi pemberitaaan Indonesia di media asing.

"Di bulan tersebut, media asing ramai menyoroti kasus terbunuhnya Kim Jong-nam, saudara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang diberitakan dibunuh oleh dua orang, salah satunya WNI bernama Siti Aisyah," ungkap Rustika.

Isu bersentimen positif di bulan Februari tentang Indonesia adalah kembali dijalinnya kerja sama militer antara Indonesia dan Australia untuk penanggulangan terorisme, setelah sempat ditangguhkan akibat kasus pelecehan Pancasila oleh militer Australia pada latihan di Perth.

Pada Mei 2017 juga muncul ekspose yang cukup tinggi tentang Indonesia. Sorotan dunia, lanjut dia, ditujukan pada kasus penistaan agama yang disangkakan kepada Basuki Tjahaja Purnama.

"Pada bulan tersebut, majelis hakim menjatuhkan hukuman bagi Ahok. Media internasional mengangkat framing pemberitaan yang menekankan pada ‘Gubernur Kristen’ dan istilah yang bertendensi negatif," tutur Rustika.

(Baca juga: Ancaman Pembunuhan Ahok Tak hanya di Aplikasi Telegram)

Namun, isu yang sempat memanas tersebut berangsur menurun. Di bulan yang sama, Indonesia juga diberitakan dalam isu positif seiring membaiknya peringkat investasi/investment grade Indonesia dari Standart and Poor (S&P).

Isu Perdagangan

Framing positif yang ditujukan kepada Indonesia di antaranya dimunculkan dari ekspos mengenai perekonomian dan perdagangan. Termasuk di antaranya kerja sama perdagangan bilateral antara Indonesia dengan negara mitra.

Aktivitas ekspor impor Indonesia terhadap beberapa komoditas unggulan juga menjadi sorotan utama.

"Dalam pembahasan media berbahasa Inggris, komoditas yang paling sering dikaitkan dengan Indonesia adalah komoditas energi fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas," papar Rustika.

Meski demikian, isu perdagangan ini juga diwarnai sentimen negatif. Salah satunya kritikan Australia terhadap Indonesia terkait tarif impor kertas yang berasal dari Indonesia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com