Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,8 SR Guncang Pulau Buru, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 27/07/2017, 19:59 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 5,8 skala richter mengguncang Kabupaten Buru, Maluku, Kamis malam (27/7/2017), sekira pukul 21.08 WIT.

Titik pusat gempa berada pada lokasi 3,44 Lintang Selatan dan 125.97 Bujur Timur, dengan kedalaman gempa 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Dari data yang dihimpun Kompas.com, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun getaran gempa cukup dirasakan oleh warga di Pulau Buru.

“Getaran gempa cukup dirasakan di sini,” kata Ilham Wael salah seorang warga Namlea, Kabupaten Buru saat dihubungi dari Ambon, Kamis malam.

(Baca juga: Pagi ini NTT Diguncang Gempa Bumi 4 Kali)

 

Ilham mengatakan, tidak ada kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. "Saya tidak tahu di tempat lain, tapi di sini tidak ada kerusakan,” tuturnya.

Data dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, lokasi gempa berada pada 62 kilometer Barat Daya Air Buaya, Buru dan 97 kilometer Namrole Kabupaten Buru Selatan. 

Kompas TV Sekolah Rusak Akibat Gempa, Siswa Belajar di Tenda Darurat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com