Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek 85 Tahun Ini Jadi Terkenal gara-gara Namanya Kanjut

Kompas.com - 27/07/2017, 15:33 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Kanjut (85), warga Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, mendadak terkenal di media sosial dan grup WhatsApp setelah identitas KTP dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) miliknya disebar oleh petugas puskesmas daerahnya.

Kakek ini terkenal karena memiliki nama unik, yakni Kanjut yang dalam bahasa Sunda berarti alat kelamin pria.

"Abah sejak kecil oleh orangtua diberi nama Kanjut. Abah tak malu diberi nama itu, dan malahan dengan nama itu penyakit Abah waktu kecil jadi sembuh," jelas Kanjut kepada Kompas.com, Kamis (27/7/2017).

Baca juga: 9 Nama Unik di Indonesia, dari "Tuhan", "Y" hingga "Andy Go To School"

Menurut Abah, nama itu diberikan sejak dia berumur enam tahun. Saat lahir, dia mengaku bernama Rasid, dan oleh orangtua diganti menjadi Kanjut agar kondisi kesehatannya membaik, karena saat itu dia sering sakit-sakitan.

"Namanya juga pada zaman dulu kan masih percaya pada gituan (takhayul)," ungkap Kanjut.

Sehari-hari ia masih bekerja sebagai petani dan mengurus ternak domba di sekitar rumahnya. Hampir setiap pagi, Kanjut selalu menyambit rumput ke perkebunan untuk pakan ternak miliknya.

Kakek Kanjut memiliki istri dan tiga anak. Ketiganya sudah menikah serta memiliki rumah masing-masing. Namun sepuluh hari ke belakang, dirinya mengaku selalu sakit dada dan nyeri kalau batuk-batuk.

"Nah, kemarin baru berobat ke puskesmas dan Abah diminta KTP dan KIS. Eh, jadi menyebar dan jadi ramai dikenal orang. Katanya Abah jadi ramai," kata Kanjut.

Beberapa hari setelah berobat, seorang keponakannya mengajak Kanjut ke Purwakarta untuk menemui Bupati Dedi Mulyadi. Abah Kanjut mengaku pernah mendengar Bupati Dedi dari para tetangganya yang suka bermain ke perkampungan dan beternak domba. Sampai akhirnya Kanjut bertemu Dedi dan diberikan bantuan uang untuk membeli domba serta biaya berobat.

"Alhamdulilah tadi diberi hadiah oleh Ujang Dedi. Katanya gara-gara saya namanya Kanjut, aneh katanya," ungkap dia.

Baca juga: Punya Nama Unik, Slamet Hari Natal Sering Kesulitan Urus Administrasi

Sementara itu, Bupati Dedi mengaku aneh karena ada seseorang memiliki nama Kanjut yang berarti alat kelamin pria. Namun, setelah bertemu dan melihat kartu identitasnya, ternyata benar nama kakek itu Kanjut.

"Aneh, awalnya masa iya namanya Kanjut. Ternyata benar setelah melihat kartu identitasnya, namanya ini," kata dia.

"Saya sering memakai kata Kanjut kalau sedang bergurau. Ternyata ada nama asli dari seseorang. Abah ini pun terkenal di Purwakarta karena namanya itu. Ini berkah dari sebuah nama Abah," kata Dedi.

Kompas TV Kuliner Unik Bakso Beranak dalam Sumur
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com