Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prostitusi "Online" Via WhatsApp Terbongkar, 3 Mucikari Ditangkap

Kompas.com - 25/07/2017, 12:34 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Polda Sulawesi Selatan mengungkap jaringan perdagangan manusia dengan modus prostitusi online di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam pengungkapan itu, polisi menangkap dan menetapkan tiga orang mucikari sebagai tersangka, yakni BM (24), KH (24) dan IA (23).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, polisi mengungkap kasus ini dengan menyamar sebagai calon pelanggan.

"Kami ungkap kasus ini seperti kasus narkoba, undercover. Mereka kami pancing dengan menyamar sebagai pelanggan dan akhirnya bisa ditangkap," kata Dicky dalam konferensi pers di Mapolda Sulsel, Selasa (25/7/2017).

(Baca juga: Polisi Bongkar Prostitusi "Online", 2 Mucikari dan 5 PSK Diamankan)

Pada hari Minggu (23/7/2017) malam, polisi menyamar menjadi pria hidung belang yang berkomunikasi dengan pelaku muncikari melalui media sosial Whatsapp, dan menyepakati harga dan lokasi pertemuan.

"Petugas kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku BM, ketika ia membawa dua perempuan PSK di salah satu kamar hotel di Jl Boulevard Makassar," kata Dicky.

BM dan dua PSK berinisial WJ (29) dan IR (25) berikut uang tunai dan handphone kemudian diamankan di Mapolda Sulsel.

Polisi lalu mengembangkan kasus ini dan kembali menangkap dua muncikari yakni KH dan IA di hotel, Senin (24/7/2017) dini hari.

Dari penangkapan dua muncikari itu, polisi juga mengamankan tiga PSK yakni RL (22), PS (27) dan FY (23) berikut barang bukti uang tunai, telepon genggam, dan alat kontrasepsi.

Pasal yang menjerat para pelaku yaitu tindak pidana perdagangan orang sebagaimana diatur dalam pasal 2 ayat 1 dan 2 dan pasal 12 UURI no 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara," ujar Dicky.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Selasa (25/7/2017), dengan judul: Jaringan Prostitusi Online di Makassar Terungkap Setelah Polisi Menyamar Jadi Pria Hidung Belang

 

 

Kompas TV Polisi Tangkap Mucikari Prostisusi Online di Yogyakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com