Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Prada Yanuar Diterbangkan ke Kampung Halaman

Kompas.com - 10/07/2017, 14:02 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Jenazah Prada Yanuar, anggota TNI yang tewas dikeroyok sekelompok remaja diterbangkan ke kampung halamannya di Desa Mata Air, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT pada Senin (10/6/2017).

Sebelumnya jenazah Prada Yanuar disemayamkan di rumah duka RSAD Udayana, Denpasar selama satu malam.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Flobamora Bali Yoseph Julius Diaz mengatakan, tepat pukul 10.00 Wita, jenazah almarhum bertolak dari RSAD menuju Bandara Ngurah Rai.

Selanjutnya diterbangkan menuju kampung halaman pada pukul 14.00 Wita menggunakan maskapai Nam Air menuju Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Dari sana, dilanjutkan jalan darat melalui kampung halaman almarhum.

(Baca juga: Terlibat Pembunuhan di Singapura, Perempuan Ini Ditangkap di Jambi)

 

"Tadi sekitar jam 10 ke Bandara, nanti jam 2 siang terbang ke kampung," ujar pria yang akrab disapa Yusdi ini.

Malam sebelumnya, Pangdam IX Udayana Mayjen Komarudin Simanjuntak telah memberikan penghormatan secara militer dilanjutkan pembacaan surat Yasin dan Tahlilan. Menurutnya, keluarga besar sangat berduka atas peristiwa yang menimpa Prada Yanuar.

Namun ia mengimbau, penyelesaian masalah diserahkan melalui mekanisme hukum yang berlaku. Dia berharap, hukum benar-benar ditegakkan, sehingga dapat memberi efek jera serta pelajaran bagi semua pihak untuk tidak melakukan tindakan serupa di kemudian hari.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan khususnya Kodam IX Udayana, sehingga semua proses pemulasaran dan penerbangan jenazah ke Labuan Bajo untuk seterusnya ke Reok dapat berjalan lancar," tutur Yusdi.

(Baca juga: Pelaku Pembunuhan Purnawirawan TNI AD Ditangkap)

 

Sebelumnya, Prada Yanuar Setiawan, anggota TNI yang sedang menjalani pendidikan Dikjur Infantri di Pulaki-Singaraja, tewas seusai dianiaya sekelompok remaja pada Minggu (9/6/2017) subuh.

Peristiwa ini terjadi di Jalan Bypass Ngurah Rai, Nusa Dua, Kuta Selatan. Yanuar tewas dengan luka tusuk di bagian dada. Peristiwa bermula Yanuar berlibur pendidikan TNI pada Sabtu (8/6/2017).

Dia kemudian dijemput kerabat satu daerah untuk berlibur di wilayah Nusa Dua. Pada Minggu pagi, Yanuar melintasi tempat kejadian bersama temannya menggunakan sepeda motor. Di tempat ini mereka dihadang belasan remaja yang juga mengendarai sepeda motor.

Saat terjadi keributan, salah seorang remaja bernama Dewa Komang Dedi Antoni, mengeluarkan pisau dan menghujam dada Yanuar hingga tewas.

Sedangkan salah seorang temannya mengalami cidera. Yanuar sendiri berasal dari Kecamatan Reok, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Atas peristiwa ini polisi dari Polsek Kuta Selatan langsung melakukan TKP dan menahan sejumlah pelaku. Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Wayan Latra mengatakan pihaknya telah menahan sejumlah orang. 

Kompas TV Pelaku Pembunuhan Anggota TNI Dipindah Tahanan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com