Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Rakyat di Bandung Akan Bertema "Sunda Kiwari"

Kompas.com - 21/06/2017, 17:05 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung akan mengusung tema 'Sunda Kiwari' dalam rencana pembangunan proyek apartemen rakyat di RW 11 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Sunda Kiwari adalah konsep menularkan nilai-nilai kesundaan ke dalam desain bangunan.

"Sunda Kiwari itu definisinya lebih menghargai air, lingkungan, ikatan sosial, kalau tinggal di apartemen moderen nilai-nilai itu kadang hilang. Contoh lantai satunya ini tidak akan dihuni karena mau dibuat kebut, taman bermain tempat berjualan dan lain-lain," ungkap Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Rabu (21/6/2017).

Baca juga: Pemkot Bandung Ubah Permukiman Kumuh Tamansari dengan Apartemen Deret

Salah satu yang unik adalah adanya hutan larangan di kawasan pemukiman warga. Sesuai namanya, hutan larangan itu merupakan area terbuka hijau yang tidak boleh dijamah oleh warga.

"Hutan larangan dibikin RTH yang harus dihormati warga," ucap Emil, sapaan akrabnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung Arief Prasetya menuturkan proyek tersebut rencananya akan dimulai awal Juli 2017. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 113 miliar. Proyek itu akan dikerjakan beberapa tahap.

"Rp. 113 miliar itu untuk 2 tower sekarang tahap 1 dulu 70 unit dulu sisanya untuk berikutnya tapi total saat ini tahap 1 besar jadi yang tahap 2 tinggal sedikit. Total luas lahan milik Pemkot disana sekitar 7000 meter persegi," ujar Arief, Selasa (20/6/2017) kemarin.

"Intinya pemerintah membangun tanpa menggusur. Semua harus mengikuti aturan hukum legal aspek sekarang mereka tidak memiliki legal aspek. Kalau nanti kebijakan yang berikutnya tidak pro rakyat bisa saja dibikin tempat niaga yang lain," jelasnya. 

Baca juga: Ridwan Kamil Bakal Desain Masjid di Palestina

Kompas TV Warga Berburu Baju Muslim Baru Sebelum Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com