Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Nasional Masih Lancar, Tol Purworejo-Wilangan Belum Dibuka

Kompas.com - 20/06/2017, 21:33 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Pintu ruas jalan tol bagi pemudik Lebaran di Purworejo-Wilangan, Kabupaten Madiun belum dibuka. Pasalnya sampai lima hari menjelang Lebaran kondisi ruas jalan nasional di wilayah Kabupaten Madiun masih lancar.

"Sebenarnya ruas jalan tol Purworejo-Wilangan sudah bisa dilewati pemudik Lebaran. Hanya saja kami menunggu petunjuk dari Polda Jatim," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun, AKP Evon Fitrianto, Selasa ( 20/6/2017).

Evon mengatakan, saat ini ruas jalan nasional di wilayah Kabupaten Madiun lima hari menjelang Lebaran masih lancar. Belum ada kepadatan dan kemacetan kendaraan bermotor di ruas jalan nasional.

Menurut Evon, bila pintu ruas jalan tol dibuka saat ini dikhawatirkan akan terjadi penumpukan di Kertosono, Nganjuk. Untuk itulah pembukaan pintu ruas jalan tol Purworejo-Wilangan, Kabupaten Madiun bersifat situasional.

"Intinya lihat situasi. Bila terjadi situasi tertentu maka atas perintah kapolres bisa dilakukan pembukaan ruas jalan tol," tutur Evon.

Sementara itu Direktur Teknik PT Ngawi Kertosono Jaya ( NKJ) Yudhi Dharmawan saat memimpin apel kesiapan petugas tol di ruas Dumpil Madiun menyatakan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pengaturan keluar masuk kendaraan Polres Madiun dan Dinas Perhubungan Madiun.

"Kami dari NKJ sudah menyiapkan sarana jalan tol, tinggal kami menunggu instruksi team leader yakni dari kepolisan kapan akan dipakai fungsional Lebaran," kata Yudhi.

Ia mengatakan, dari pihak PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) sudah siap mendukung program pemerintah untuk fungsional jalan tol mulai H-7 hingga H+7. Tol siap digunakan pagi hingga sore hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Tak hanya jalan tol saja, kata Yudhi, PT NKJ juga menyediakan infrastruktur sarana pendukung di antaranya rest area dan rambu-rambu.

Baca juga: H-5 Lebaran, Kondisi Tol Bawen-Salatiga Lancar

Kompas TV Ruas Tol Cipali Menuju Palimanan Ramai Pemudik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com