Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Siap Fasilitasi Komunikasi Ridwan Kamil dengan Gerindra dan PKS

Kompas.com - 19/06/2017, 03:23 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Jawa Barat mendukung langkah Ridwan Kamil yang berkomunikasi dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk berkoalisi dalam ajang Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. 

"Dengan PPP kita dorong. Tidak ada masalah," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopha di Bandung, Minggu (18/6/2017).

Saan menambahkan, Partai Nasdem malah akan total memfasilitasi Ridwan Kamil jika dirinya mau berkomunikasi dengan partai politik manapun termasuk Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Nasdem dari awal mendeklarasikan Kang Emil bukan hanya mendorong tapi memfasilitasi komunikasi dengan partai lain termasuk Gerindra dan PKS," ujarnya.

(Baca juga:  Partai Nasdem Jajaki Uu Ruzhanul Ulum dan Bima Arya Dampingi Ridwan Kamil)

Langkah tersebut diambil partainya karena sadar diri. Partai Nasdem, hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jawa Barat. Mereka membutuhkan 15 kursi tambahan untuk mencalonkan Ridwan Kamil di Pilkada Jabar 2018.

"Kalau pun partai lain mau klaim tidak ada masalah. Tapi setiap dukungaan harus ada feedback. Beban politik Kang Emil untuk Jawa Barat cukup besar dan enggak mungkin Kang Emil hanya didukung satu partai. Perlu kekuatan besar untuk menopang Kang Emil," ujarnya. 

Saan mengakui, belum lama ini, Partai Nasdem mempertemukan Ridwan Kamil dengan beberapa pemimpin partai politik di level pusat. Itu dilakukan dalam acara buka puasa bersama di Kantor DPP Partai Nasdem di Jakarta.

(Baca juga: Ridwan Kamil Akui PDKT dengan PPP)

 

Acara tersebut dihadiri Ketua umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Setya Novanto dan Djan Faridz.  "Kalau mau ikut penjaringan di partai lain silakan. Intinya kalau mau komunikasi pasti kita fasilitasi," tandasnya. 

Kompas TV Survei Elektabilitas Jelang Pilkada Jabar 2018
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com