Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Jabar, Gerindra Sebut Fadli Zon dan "Duo Dedi", Ridwan Kamil Tertutup

Kompas.com - 07/06/2017, 17:42 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Puyuono mengatakan, sampai hari ini partainya belum memutuskan tokoh yang akan diusung sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Barat Tahun 2018 mendatang.

Selain menyiapkan beberapa nama kader, partainya pun terus membidik beberapa tokoh non kader salah satunya adalah "Duo Dedi" Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Baca juga: Pilkada Jabar, Gerindra Bakal Usung Mulyadi-Deddy Mizwar?

"Di tingkatan PAC sampai DPD Jawa Barat belum selesai melakukan head hunting untuk tokoh yang layak diusung Partai Gerindra. Dari non kader ada Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (Duo Dedi), malah Puti Guntur Soekarno Putra dan Istri Gubernur Kang Aher juga masuk radar partai Gerindra untuk diusung tuh," jelas Arief kepada Kompas.com, Rabu (7/6/2017) siang.

Arief menambahkan, keputusan final tentang calon kepala daerah Jabar yang diusung partainya semuanya akan diputuskan dan dipilih oleh Ketua Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Tentunya pilihan itu setelah mendapatkan masukan dari berbagai kader mulai tingkat PAC sampai DPD, juga masukan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama serta aspirasi masyarakat Jawa Barat.

"Selain tokoh di luar Gerindra, Gerindra juga sedang menyiapkan kadernya untuk bisa diusung dalam Pilkada Jawa Barat. Kader juga banyak menginginkan Ferry Juliantono dan Kardaya Warnika serta Fadli Zon untuk maju sebagai cagub Jawa Barat. Dari kader, Fadli Zon sih yang paling populer dan punya tingkat elektabilitas sangat tinggi untuk Jadi Gubenur Jawa Barat," katanya.

Poin paling penting para calon yang bisa diusung oleh partainya, tambah Arief, yakni harus bisa menarik hati pengurus dan kader mulai dari akar rumput hingga DPD serta masyarakat. Selain nama-nama tersebut, masih ada beberapa nama tokoh dari luar Gerindra yang sudah melakukan pendekatan.

"Kalau untuk Ridwan Kamil tertutup untuk Gerindra," ujarnya.

Baca juga: Waketum Gerindra: Kalau Ridwan Kamil Insyaf Kita Akan Dukung

Sementara itu, Dedi Mulyadi salah satu "Duo Dedi" yang menjadi bidikan radar partai tersebut mengaku selama ini memiliki hubungan baik dengan semua partai termasuk Partai Gerindra.

Menurut dia dalam berpolitik tidak masalah menata kebaikan dengan semua partai dan lainnya. Dedi pun menilai sosok Deddy Mizwar adalah pemimpin yang selama ini fokus dengan lingkungan dan pemahaman tentang kesenian.

"Sosok Deddy Mizwar ada kesamaan tentang komitmen lingkungan dan budaya. Dengan Gerindra pun sampai saat ini berhubungan sangat baik. Saya dan ketua Gerindra Purwakarta akrab, dengan Pak Mulyadi Gerindra Jabar sering berkomunikasi sampai saat ini," katanya.

Baca juga: Survei Indo Barometer: Ridwan Kamil Ungguli Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi

Kompas TV Warga Dukung Dedi Mulyadi Maju Pilkada Jabar 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com