Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Tak Kantongi Izin Kerja, Imigrasi Denpasar Amankan 4 WN China

Kompas.com - 15/05/2017, 16:20 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Jajaran imigrasi Denpasar mengamankan empat warga China di pertokoan PT Vivo Bali Indonesia, Jalan Teuku Umar, Denpasar, Senin (15/5/2017). Mereka adalah Wu Weiping, Li Kiang, Chen Yongkang, dan Lyu Peng Fei.

Keempatnya diamankan karena diduga menyalahi izin tinggal. Selama di Indonesia mereka diduga menjalankan bisnis tanpa mengantongi izin resmi. Saat diamankan mereka sedang rapat di lantai tiga PT. Vivo Bali Indonesia.

"Mereka diamankan karena diduga tak lengkapi izin resmi sebagai pekerja asing di Indonesia," ujar Kepala Seksi Penindakan dan Pengawasan Imigrasi Denpasar, Amar Buncdiansah, Senin (15/5/2017).

(Baca juga: Imigrasi Tangkap 4 Warga China Pekerja Tambang di Bengkulu)

Amar menjelaskan, pihaknya memantau aktivitas keempat warga China ini selama 12 bulan. Selama itu, mereka menjalankan bisnis jual beli telepon genggam yang didatangkan dari China.

Ketika telepon genggam datang dari negaranya, mereka lalu menjalankan bisnisnya di Jakarta. Namun dalam tiga bulan terakhir, mereka beroperasi di Bali. Bila terbukti bersalah, mereka akan dideportasi.

(Baca juga: Jadi Tenaga Kerja Ilegal, Dua WNA China Diamankan Imigrasi Wonosobo)

 

"Sudah lumayan lama mereka beraktivitas, kurang lebih 12 bulan. Kalau nanti terbukti bersalah, nanti akan kita deportasi," ucapnya.

Pantauan Kompas.com, keempatnya diperiksa di kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Proses pemeriksaan dibantu penerjemah bahasa Mandarin. 

Kompas TV Petugas Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta Selatan menggerebek dua rumah mewah yang diduga menjadi tempat kejahatan dunia maya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com