Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Truk Trailer Blong, Kecelakaan Beruntun Terjadi di Ungaran

Kompas.com - 07/05/2017, 11:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Empat kendaraan terlibat kecelakaan di lampu merah dekat DPRD Kabupaten Semarang, Jalan Diponegoro, Ungaran, Jawa Tengah, Sabtu (6/5/2017) malam.

Namun, proses evakuasi tumpahan material berupa asbes dari salah satu kendaraan tersebut membutuhkan waktu lebih dari empat jam. Ini mengakibatkan arus lalu lintas jalur utama Semarang-Solo di Ungaran tersendat hingga Minggu (7/5/2017) dini hari.

"Untuk pengepakan asbes yang tumpah di jalan mulai pukul 21.00 WIB selesai pukul 01.00 WIB," kata Kepala Unit Kecelakaan, Satlantas Polres Semarang, Ipda Mahfudi, Minggu pagi.

Adapun kronologi berdasarkan catatan petugas Satlantas Polres Semarang, kecelakaan yang terjadi di pertigaan DPRD tersebut bermula saat truk trailer dengan nomor polisi H 1864 EV mengalami rem blong.

Truk yang membawa muatan asbes itu melaju dari arah Bawen ke Semarang. Di tempat kejadian, truk menabrak mobil Daihatsu Agya yang tengah berhenti karena lampu merah.

Mobil Agya yang dikemudikan Gusnadi (23), kemudian menabrak mobil pikap yang dikemudikan Mustangin (29). Mobil pikap itu berada di depan mobil yang dikemudikan Gusnadi.

Setelah menabrak Agya, truk yang dikemudikan oleh Mulyadi (63) tersebut banting kemudi ke kiri dan kemudian menabrak Toyota Avanza yang dikemudikan Damiri (66), yang juga tengah berhenti di lampu merah.

"Semua kendaraan yang ditabrak truk di traffic light DPRD sedang berhenti karena lampu merah. Kemudian muatan asbes tumpah di lajur lambat arah ke Semarang," ujar Mahfudi.

Kendati sebagian badan kendaraan mengalami ringsek parah, namun tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu.

Kecelakaan hanya berdampak pada kondisi lalu lintas, akibat pengepakan asbes yang tumpah di jalan.

"Secara umum lancar, cuma yang mau menuju ke Ungaran yang seharusnya dua lajur kami buat satu lajur karena yang lajur lambat ada timpahan asbes," ucapnya.

(Baca juga: Kemenhub dan Kepolisian Selidiki Penyebab Kecelakaan Maut di Jalur Puncak)

Sebuah video amatir merekam kecelakaan tersebut dan diunggah di media sosial. Video tersebut merekam bagaimana truk trailer dengan kecepatan tinggi membunyikan klakson berulang-ulang agar kendaran di depannya menepi.

Sang sopir sadar kendarannya mengalami rem blong. Namun, tabrakan tak bisa dihindari. Videonya dapat dilihat di tautan ini: Kecelakaan di Ungaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com