Hujan Es Landa Bandung, Besarnya dari Butiran hingga Sebesar Kelereng - Kompas.com

Hujan Es Landa Bandung, Besarnya dari Butiran hingga Sebesar Kelereng

Reni Susanti
Kompas.com - 19/04/2017, 17:33 WIB
Tribun Jabar/Adtyas Azhari Hujan deras disertai angin kencang terjang Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/4/2017).

BANDUNG, KOMPAS.com – Prakirawan BMKG Bandung, Neneng Sugianto mengatakan, hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi di Bandung sekitar pukul 14.00 WIB. Bahkan di beberapa titik, hujan disertai es.

“Kami menerima laporan dari masyarakat tentang hujan es. Dari laporan masyarakat, hujan es terjadi di sekitar Lapangan Gasibu, Sabuga, Dago, dan Cihampelas,” ujar Neneng saat dihubungi, Rabu (19/4/2017).

Neneng mengatakan, ukuran es yang jatuh bervariasi dari butiran kecil hingga sebesar kelereng. Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang kelewat dingin sehingga air yang menguap berubah bentuk menjadi kristal es.

Tribun Jabar/Machmud Mubarak Hujan deras disertai angin kencang dan bongkahan kecil es menerjang Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/4/2017).
" Hujan es terjadi akibat proses kondensasi yang terlewat dingin. Hingga mencapai titik freezing level. Dengan suhu -44 derajat celcius sehingga terbentuk butiran es. Jadi begitu turun ke bawah masih berupa butiran es," tuturnya.

(Baca juga: Hujan Angin di Bandung, Papan Reklame Roboh Timpa Flyover Antapani)

Neneng menjelaskan, hujan deras disertai angin kencang dan petir hari ini merata di seluruh wilayah Kota Bandung.

BMKG memprediksi hujan disertai angin masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Karena itu, ia berharap masyarakat berhati-hati jika sedang beraktivitas di luar.

Sejumlah foto dan video yang menunjukkan terjadinya hujan es berseliweran di media sosial. Salah satunya disebutkan terjadi di sekitar kawasan Cobong, Bandung.

(Baca juga: Hujan Es Disertai Angin di Bandung, Atap Trans Studio Terbang)

Owner Heug Vintage Costume Bag, Indra Yudistira, mengaku, hujan es disertai angin kencang melanda kawasan di sekitar rumahnya, hari ini. Butiran es yang turun di seputaran rumahnya sangat banyak.

“Ini baru pertama kalinya hujan es seperti ini,” ujar Indra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/4/2017).

Indra mengatakan, hujan es terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Besaran es yang jatuh lumayan besar dan banyak. Bahkan di lapangan dekat rumahnya, es tersebut hampir menutupi jalan.

Dari foto yang dikirimkan Indra kepada Kompas.com, terlihat tumpukan es mirip salju yang menutupi sebagian jalan. Di antara hamparan es tersebut terlihat beberapa orang yang tengah berfoto atau selfie, termasuk Indra.

Di fotonya, dia terlihat berfoto di tengah hamparan es dan menggenggam sejumlah es di tangannya.

“Gambar yang ada di foto itu saya. Foto itu diambil di sekitaran rumah saya di Jalan Sukasari 2 RT 2, RW 2, No 91 Bandung,” ucapnya.

 

PenulisReni Susanti
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X