Segera Daftarkan Diri Anda di Indonesia Community Day 2017! - Kompas.com

Segera Daftarkan Diri Anda di Indonesia Community Day 2017!

Kompas.com - 14/04/2017, 07:05 WIB
Dok Kompasiana Dalam upaya mempertemukan komunitas-komunitas di Indonesia, Kompasiana sebagai media yang mewadahi jurnalisme warga akan menggelar pesta komunitas se-Indonesia. Acara bertajuk Indonesia Community Day (ICD) yang pertama ini akan digelar pada 13 Mei 2017 di Plasa Pasar Ngasem, Yogyakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi merangkul berbagai komunitas yang ada di seluruh lapisan masyarakat Indonesia, Kompasiana akan menggelar kegiatan bertajuk Indonesia Community Day pada 13 Mei mendatang. Bagi Anda yang ingin mengikuti acara ini, pendaftarannya sangatlah mudah.

COO Kompasiana, Iskandar Zulkarnaen, mengatakan, ada tiga kategori yang bisa mendaftar di sini, yakni peserta individu, relawan, serta komunitas.

"Untuk proses daftarnya sangat mudah, tinggal masuk ke microsite Indonesia Community Day kemudian pada bagian kanan atas ada pilihan daftar. Nanti siapa saja yang berminat ikut serta bisa mendaftarkan diri sesuai kategori masing-masing," ujar Iskandar dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Berdasarkan informasi tertulis pada halaman microsite Indonesia Community Day, setiap kategori berbeda-beda tanggal dan jangka waktu pendaftarannya.

Bagi pendaftar peserta individu, pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April hingga 13 Mei 2017. Sebanyak 1.000 pendaftar pertama akan mendapatkan merchandise berupa buff eksklusif ICD.

Bagi pendaftar sebagai peserta individu, nantinya pendaftar akan mendapat email bukti nomor peserta yang wajib dibawa saat acara berlangsung sebagai syarat yang harus ditunjukkan saat registrasi ulang pada hari pelaksanaan.

Berbeda dengan peserta individu, bagi Anda peserta yang ingin mendaftarkan komunitas Anda di kegiatan ini, pendaftaran komunitas dibuka mulai tanggal 1 hingga 21 April 2017. Setelah itu, panitia akan melakukan seleksi pada komunitas yang terdaftar.

Seleksi ini dilakukan pada 22 hingga 24 April 2017 dan komunitas terpilih akan mendapatkan satu booth (gerai) di Indonesia Community Day yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Komunitas yang ingin mendaftar harus mengunduh formulir rencana kegiatan komunitas terlebih dahulu. Formulir ini juga tersedia di halaman microsite pendaftaran ICD.

Selain itu, Kompasiana juga membuka pendaftaran untuk relawan. Tentu saja karena acara ini memiliki skala yang besar dan luas, maka Kompasiana pun membutuhkan tenaga relawan yang akan terlibat dan ikut serta dalam kepanitiaan untuk menyukseskan keberlangsungan kegiatan ini.

Bagi Anda yang ingin terlibat menjadi relawan, pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 hingga 21 April 2017 mendatang, dan tentunya pendaftar relawan ini juga akan diseleksi oleh panitia.

Baca juga: "Kompasiana" Gelar Pesta Komunitas Se-Indonesia


Tema "Inspiraksi"

Indonesia Community Day (ICD) pertama ini akan mengangkat tema "Inspiraksi". Dalam kegiatan ini akan menampilkan serta melibatkan sejumlah komunitas yang ada di Indonesia yang memiliki ketertarikan pada bidang tertentu. Nantinya, komunitas-komunitas ini akan memberikan edukasi pada masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Dalam kegiatan ini akan ada sebanyak 20 komunitas yang akan terlibat. Bukan hanya komunitas, acara ini pun dibuka untuk masyarakat umum yang ingin berpartisipasi.

Acara ini ditargetkan untuk menghadirkan sekitar seribu peserta. Para peserta terdiri dari komunitas di seluruh Indonesia dan warga Yogyakarta dan sekitarnya.

"Pesertanya bisa siapa saja dan terbuka. Semua boleh datang dan bisa saling mengenal komunitas juga bisa bergabung. Konsep ICD ini adalah wadah komunitas mengekspresikan dirinya baik antar komunitas atau ke masyarakat keseluruhan," lanjut Iskandar.

Acara ini akan memfokuskan pada interaksi antara komunitas ke komunitas dan komunitas ke masyarakat, sehingga diharapkan muncul sebuah tukar menukar ide dan juga hiburan yang dipersembahkan para pegiat komunitas.

Dalam ICD 2017 ini, juga akan ada pemberian penghargaan kepada komunitas yang paling inspiratif dan berkontribusi nyata untuk masyarakat. Penghargaan ini akan diberikan pada satu komunitas umum (non Kompasiana) dan satu komunitas yang terdaftar di Kompasiana. (Yudha Pratomo, Tim Kompasiana)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAmir Sodikin
Komentar

Close Ads X