Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua WNA Asal Tiongkok dan Pegawai BUMD Terjaring Razia Narkoba

Kompas.com - 09/04/2017, 14:05 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Dua warga Negara Tiongkok terjaring razia Operasi Bersinar 1 Tahun 2017 yang dilaksanakan tim gabungan di sejumlah tempat hiburan malam di Kota Ternate, Minggu (9/4/2017) dini hari.

Tim terdiri dari petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara, Komando Resor Militer, Polda, Den POM, Kantor Keimigrasian, dan Satpol PP Ternate.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, dalam razia tersebut, tim dokter melakukan tes urine bagi setiap pengunjung di dua tempat hiburan malam yang menjadi lokasi razia.

Hasilnya, dua WNA, yaitu Stevano dan Shen Huexue, terindikasi narkoba. Keduanya lalu digiring ke Kantor BNNP Malut untuk menjalani tes urine lanjutan.

(Baca juga: Polisi Bidik Pejabat dan Tokoh Mimika yang Pakai Narkoba)

Selain dua WNA, tim gabungan mengamankan seorang pegawai BUMD Kota Ternate inisial AD (47).

Kepala BNNP Malut Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan, operasi ini merupakan tahap awal dan akan dilanjutkan secara rutin di beberapa tempat hiburan malam lainnya secara bertahap dalam rangka mendeteksi, mencegah, hingga menjaring pengguna narkoba.

Razia ini merupakan kerja sama dan koordinasi dengan polda, denpom, korem dan pemkot. Ini rutin untuk mendeteksi dan mencegah dan menjaring penyalahgunaan narkoba di tempat hiburan malam,” kata Richard.

Dari hasil assessment tim medis BNNP, AD dikategorikan sebagai pengguna coba pakai jenis zat methamfetamin (sabu).

(Baca juga: Terjaring Razia Narkoba di Diskotek, 2 Prajurit TNI Diusir dari Rumah Dinas)

Selain itu, pada urine yang bersangkutan juga ditemukan unsur obat medis yang dikonsumsi. Sementara itu, dua WNA yang terjaring razia langsung diserahkan ke pihak Imigrasi setempat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com