Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Tutup Jalan Desa, Warga Sandera Alat Berat

Kompas.com - 05/04/2017, 17:52 WIB
Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Sejumlah warga menyandera alat berat yang digunakan pelaksana proyek Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Desa Kareng Kidul, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (5/4/2017).

Selain menyandera alat berat, warga membawa poster bertuliskan hujatan. Aksi ini dilakukan karena akses jalan desa ditutup akibat pengerjaan proyek. Warga pun menuntut akses jalan desa dibuka kembali lewat aksi ini.

Salah satu warga, Anisa mengatakan, jalan desa tersebut merupakan akses utama warga Dusun Wangal, Desa Kareng Kidul, dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mulai dari urusan ekonomi hingga pendidikan anak.

(Baca juga: Cek Jalan Tol, Ganjar Disambut Unjuk Rasa)

Jika lewat jalan lain, warga harus memutar sejauh lima kilometer. Hal itu membuang waktu dan tenaga.

“Kami ingin jalan ini dibuka. Pelaksana proyek berjanji akan membuka, tapi masih ditutup. Ya sudah, kami demo. Jika ini tidak direspon, warga yang demo akan lebih banyak lagi,” tuturnya.

Pimpinan proyek jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, PT Waskita, Wahyudi berjanji meneruskan protes warga. Pihaknya akan mengkomunikasikannya kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro untuk menembukan solusi ataupun alternatif dari keluhan warga.

(Baca juga: Tol Banyuwangi-Probolinggo Ditargetkan Rampung Tahun 2019)

 

“Hal ini akan kami bicarakan. Kami akan menghubungi PPK Proyek Tol Paspro, seperti apa solusinya,” tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com