Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Kuning Akhirnya Beroperasi Lagi, Nusa Lembongan-Nusa Ceningan Kembali Terhubung

Kompas.com - 31/03/2017, 19:36 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -  Jembatan Kuning yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan, Bali kembali beroperasi pada Jumat (31/3/2017) ini. Jembatan ini roboh dan menelan korban 7 orang tewas pada Minggu (16/10/2017) silam.

Peresmian jembatan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto, bersama Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta.

Jembatan Kuning merupakan satu-satunya jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Sehingga keberadaannya sangat vital bagi masyarakat setempat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Dirjen Bina Marga yang telah mampu merampungkan pembangunan Jembatan Kuning sebagai urat nadi transportasi bagi masyarakat maupun pariwisata,” kata Sudikerta dalam sambutannya.

Jembatan Kuning dibangun pada 1996, namun pada 16 Oktober 2016 roboh sehingga menyebabkan putusnya hubungan transportasi antara Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan.

Baca juga: Jembatan Kuning di Bali Runtuh, 7 Orang Tewas

Pemerintah Provinsi Bali pun menyampaikan usulan ke pemerintah pusat agar jembatan tersebut dibangun kembali.

Pembangunan jembatan mulai dikerjakan November tahun 2016 dan selesai Maret 2017. Jembatan dengan lebar 1,8 meter dan panjang 138 meter tersebut terdiri dari tiga bentang. Perbaikannya menelan biaya Rp 3 miliar.

Jembatan tersebut memiliki peran strategis bagi masyarakat Nusa Penida. Pasalnya Nusa Penida memiliki lima predikat sekaligus yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Kawasan Konservasi Perairan, Kawasa Pulau Terluar Indonesia, Desa Wisata Energi, dan sebagai wilayah pembibitan sapi Bali.

"Dengan predikat ini sudah sepatutnya mendapatkan perhatian lebih melalui pembangunan infrastruktur yang memadai yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sudikerta. 

Baca juga:Keluarga Korban Jembatan Kuning Ingin Jembatan yang Permanen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com