Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jembatan Kuning di Bali Ditargetkan Rampung Akhir 2016

Kompas.com - 27/11/2016, 09:50 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


KLUNGKUNG, KOMPAS.com - Jembatan Kuning di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, yang roboh pada 16 Oktober 2016, kini dalam proses perbaikan dan ditargetkan rampung pada Desember 2016. Anggaran perbaikan jembatan itu mencapai Rp 3,4 miliar.

"Target pengerjaan perbaikan selesai tanggal 31 Desember mendatang. Akhir tahun ini mudah-mudahan sudah bisa difungsikan," kata Merlan Efendi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Bali, Klungkung, Bali, Minggu (27/11/2016).

Jembatan Kuning yang juga sering disebut "Jembatan Cinta" itu menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan di Kecamatan Nusa Penida. Saat jembatan itu roboh, 8 orang tewas dan 22 orang lainnya mengalami luka serta 17 motor terjatuh.

Perbaikan tidak mengubah kondisi dan fungsi jembatan, hanya menambahkan lebar jembatan yang sebelumnya 1,4 meter menjadi 1,8 meter. Sebuah portal juga akan dibuat di jembatan sepanjang 150 meter itu.

"Kami hanya memperlebar jembatan saja. Ini buat motor dan pejalan kaki. Nanti kami juga buat portalnya," ujar Merlan.

Pembangunan Jembatan Kuning untuk sementara ini tidak terganggu dengan kondisi cuaca. Adapun komponen perbaikan jembatan itu didatangkan dari Citeureup, Kabupaten Bogor diangkut menggunakan kapal kecil menuju lokasi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com