Atraksi Pesawat Tempur Sukhoi Pukau Warga Kota Kupang - Kompas.com

Atraksi Pesawat Tempur Sukhoi Pukau Warga Kota Kupang

Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
Kompas.com - 02/03/2017, 17:28 WIB
KOMPAS.com / RESKA K NISTANTO Ilustrasi: Tiga Sukhoi Su-30 TNI AU dari Skadron Udara 11 Lanud Hasanuddin Makassar dan dua F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin nurjadin Pekanbaru melakukan flypast di atas Istana Merdeka dan lapangan Monas dalam rangkaian upacara peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2016).

KUPANG, KOMPAS.com - Atraksi dan pameran tiga unit pesawat tempur jenis Sukhoi di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), memukau warga di Lapangan Udara El Tari Kupang.

Warga Kota Kupang yang antusias datang bergerombol dan memadati lapangan udara milik TNI AU itu.

Salah seorang warga Kota Kupang, Yohanes mengaku membawa serta keluarganya (istri dan anak) untuk menyaksikan manuver pesawat buatan Rusia itu, karena baginya atraksi pesawat jarang digelar di Kupang, sehingga baginya sangat menarik untuk ditonton.

“Sudah tiga hari ini, pesawat tempur selalu terbang rendah di atas langit Kota Kupang, sehingga kami pun penasaran ada kegiatan apa sebenarnya. Setelah kami tanya, katanya hari ini akan ada kegiatan atraksi dan pameran sehingga saya pun ajak keluarga untuk datang nonton,” kata Yohanes kepada sejumlah wartawan, Kamis (2/3/2017).

Yohanes mengatakan, selain ia ada keluarganya, ada juga tetangga dan kenalan yang datang untuk mengikuti acara itu.

Sementara, warga lainnya, Erick menyambut gembira acara itu karena ia dan warga lainnya bisa diberikan kesempatan untuk mengenakan baju pilot Sukhoi 30 MK2 dan berpose di bawah pesawat tempur canggih itu.

Di tempat yang sama, Komandan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Jorry S Koloay mengatakan, tiga pesawat tempur jenis Sukhoi terbang rendah di atas langit Kota Kupang dan sekitarnya, dalam rangka operasi pengamanan perbatasan.

Menurut Jorry, wilayah NTT berbatasan langsung dengan dua negara, yakni Timor Leste dan Australia, sehingga Komando Operasi Angkatan Udara II Makassar menggelar operasi pengamanan ini.

“Tiga pesawat ini terbang rendah di wilayah perairan NTT, khususnya wilayah utara. Wilayah patroli atau latihan bersama oleh tiga pesawat Sukhoi ini dilakukan hingga perbatasan laut Australia, kemudian ke wilayah Alor yang berbatasan dengan Timor Leste,” kata Jorry.

Ia pun berharap, kegiatan ini bisa mencegah niat dan upaya pelanggaran wilayah udara oleh negara asing. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menegaskan kehadiran dan eksistensi negara dalam menjaga kedaulatan wilayah di daerah perbatasan, khususnya NTT.

PenulisKontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
EditorFarid Assifa
Komentar

Close Ads X