Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertimbun Longsor, Jalan Lintas Pidie–Aceh Barat Lumpuh

Kompas.com - 28/02/2017, 22:24 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Aceh Barat selama dua hari ini.

Akibatnya, ruas jalan lintas provinsi Tutut-Geumpang yang menghubungkan Kabupaten Aceh Barat dan Pidie kembali tertimbun longsor di sejumlah titik dan tak dapat dilaui oleh berbagai kendaraan.

“Longsor terjadi di kawasan Desa Tungkop, Kecamatan Sungai Mas tepatnya di kilometer 80-82, perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Pidie,” kata Teuku Syahluna Polem, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Selasa, (28/2/2017).

Menurut Syahluna, ruas jalan lintas provinsi Tutut-Geumpang yang menghubungkan Kabupaten Aceh Barat dan Pidie itu kerap tertimbun longsor saat terjadinya intensitas hujan tinggi, bahkan sepanjang tahun 2017 ini telah terjadi tiga kali tertimbun longsor karena ruas jalan berada di kawasan pegunungan dengan kontruksi tanah labil.

“Ruas jalan penghubung Pidie dengan Aceh Barat itu memang sering terjadi longsor di Kawasan Sungai Mas saat dilanda diguyur hujan, sekarang sedang kita koordinasi untuk penanganan darurat karena badan jalan sepanjang 500 meter tertimbun material longsor gunung,” katanya.

Untuk penanganan secara permanen agar jalan lintas Pidie–Aceh Barat itu bebas dari longsor, lanjut Syahluna, harus ada tindakan penanganan dari dari Dinas Bina Marga Provinsi.

Dengan cara membuat pengaman tebing gunung dan memperlebar badan jalan yang rawan tertutup longsor itu.

“Ruas jalan itu memang harus ada penanganan secara permanen dari Dinas Bina Marga Provinsi karena kalau dari BPBD Aceh Barat hanya melakukan penangan secara darurat saat terjadi longsor sehingga dapat dilalui kembali oleh pengguna kendaraan,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com