Saksi Calon Tolak Teken Rekapitulasi Suara di Pilkada Bangka Belitung - Kompas.com

Saksi Calon Tolak Teken Rekapitulasi Suara di Pilkada Bangka Belitung

Kontributor Pangkal Pinang Kompas TV, Rahmatul Fauza
Kompas.com - 22/02/2017, 19:54 WIB
KOMPAS/RADITYA HELABUMI Panitia Pemungutan Kecamatan Senen melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 di Kantor Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017). Rekapitulasi di tingkat kecamatan dijadwalkan selesai dalam kurun waktu satu minggu untuk kemudian dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com – Saksi tim sukses calon kepala daerah Rustam Effendi–Irwansyah menolak menandatangani berita acara rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tingkat Kota Pangkal Pinang.

Rapat pleno yang berlangsung di Hotel Santika, Pangkal Pinang, Rabu (22/2/2017) pagi, semula berlangsung aman dan lancar hingga muncul penolakan calon nomor pemilihan 2.

Keberatan disampaikan setelah KPU Pangkal Pinang mengumumkan hasil penghitungan suara.

"Kita tidak keberatan dengan hasil penghitungan suara ini, namun pilkada kemarin, kita menemukan adanya indikasi money politic," ujar Herdi Firdaus selaku saksi dari Rustam–Irwansyah.

Herdi mengatakan, tim kuasa hukumnya telah melaporkan hal ini kepada Badan Pengawas Pemilu dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Ia meminta agar proses pembuktian dan demokrasi ini berjalan.

"Itu merupakan hak konstitusi mereka dan sah–sah saja. Namun, tidak akan memengaruhi hasil pleno ini," kata Ketua KPU Pangkal Pinang M Yusuf.

Pilkada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diikuti oleh empat pasang calon. Dari tujuh kecamatan di Kota Pangkal Pinang, calon nomor pemilihan 4 Erzaldi Rosman–Abdul Fatah unggul di setiap kecamatan dengan perolehan 32.911 suara.

Adapun calon nomor pemilihan 1 Yusron Ihza Mahendra–Yusroni mendapatkan 6.132 suara. Rustam–Irwansyah mendapatkan 20.997 suara, sementara calon nomor urut 3 Hidayat Arsani–Sukirman meraih 10.430 suara.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Pangkal Pinang Kompas TV, Rahmatul Fauza
EditorLaksono Hari Wiwoho
Komentar

Close Ads X