Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 2 Hari di Laut akibat Cuaca Buruk, Nelayan Ditemukan Selamat

Kompas.com - 09/02/2017, 22:55 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Muhammad Saleh (40), nelayan asal Kampung Wuring, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, ditemukan selamat setelah dikabarkan hilang saat mencari ikan di laut.

Kepala Badan SAR Kupang Gede Ardana mengatakan, Saleh menghilang sejak Senin (7/2/2017) dan baru ditemukan sore tadi.

"Setelah menerima informasi tadi pagi, anggota kita di Pos SAR Maumere bersjumlah tujuh personel, Lanal Maumere lima orang, keluarga Saleh sebanyak tiga orang dan tiga orang nelayan setempat, dengan menggunakn sebuah perahu motor, kemudian melakukan pencarian," kata Ardana kepada Kompas.com, Kamis (9/2/2017) malam.

Setelah melakukan pencarian lebih dari dua jam, tim SAR gabungan menemukan Saleh di perairan Kolisia Maumere pada koordinat 8 derajat 32 menit 21,36 detik Lintang Selatan dan 122 derajat 5 menit 23,40 detik Bujur Timur.

Ia dievakuasi menuju Wuring Kecamatan Alok Barat, lalu diserahkan ke keluarganya.

Saleh hilang saat mencari ikan di Perairan Teluk Maumere. Ia berangkat melaut pada Senin (7/2/ 2017) sekitar pukul 07.00 Wita dengan menggunakan perahu Body.

Selain Saleh, ada dua nelayan lain dari Kabupaten Lembata yang dilaporkan menghilang ketika mencari ikan di perairan Lembata Selatan, Kecamatan Wulandoni, saat kondisi cuaca sedang memburuk.

Dua nelayan itu adalah Yohanes Kolin (25) dan Bernadus Bolo Udjan (16). Sampai saat ini, tim SAR mencari keduanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com