Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Nijam Jalani Operasi Kedua

Kompas.com - 01/02/2017, 17:54 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Setelah menjalani operasi amputasi, Sabtu (31/1/2017), Jamaludin Muhamad atau Nijam (6) kembali menjalani operasi kedua. Operasi kali ini untuk membersihkan luka.

Nijam merupakan warga Kampung Cisante, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Ia kehilangan lengannya saat ikut ke tempat kerja sang ayah yang berprofesi sebagai tukang batu bata.

“Pada operasi kali ini kami bersama dokter bedah plastik melihat apakah ada beberapa jaringan yang sudah mati, kering, dan lainnya. Kami membersihkannya,” ujar Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr Ghuna Arioharjo Utoyo, Sp.OT, saat dihubungi Rabu (1/2/2017).

Ghuna menjelaskan, tim dokter akan menggunakan teknik balutan luka NPWT untuk merangsang jaringan baru cepat tumbuh. NPWT merupakan pengembangan canggih dari prosedur perawatan luka.

Selain itu, penggunaan vakum drainase membantu menghilangkan darah atau cairan serosa (nanah) dari bagian luka.

“Proses penggantian balutan dilakukan satu minggu sekali. Kemungkinan Kamis ganti balutan” tuturnya.

Jika hasilnya baik, maka pekan depan pihaknya akan menutup luka. Setelah itu, tim dokter akan menunggu jaringan baru tumbuh (skin draft) untuk menutup jaringan tersebut seperti kulit biasa.

“Proses penyembuhan untuk anak relatif singkat. Kami memperkirakan, setelah kondisi lukanya baik, persiapan untuk pemasangan tangan palsu diperkirakan membutuhkan waktu satu bulan," sebutnya.

Sementara itu, orang tua Nijam, Heriyadi mengucapkan terima kasih atas semua bantuan yang mengalir untuk Nijam. 

Baca: Nijam Belum Sadar Telah Kehilangan Kedua Tangannya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com