Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malang Diguncang Gempa Tiga Kali Berturut - turut

Kompas.com - 29/01/2017, 23:26 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Pantai Selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, dilanda gempa sebanyak tiga secara berturut-turut, Minggu (29/1/2017) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mencatat gempa terjadi pada pukul 18.57 WIB dengan magnitudo 4,9.

Pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer pada jarak 166 kilometer arah tenggara Kabupaten Malang atau 9,73 derajat Lintang Selatan dan 112,87 derajat Bujur Timur.

Sepuluh menit kemudian, goncangan kedua terjadi dengan magnitudo 3,7. Pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer dengan titik kordinat 9,38 derajat LS dan 112,83 derajat BT.

Gempa ketiga terjadi pukul 19.33 WIB dengan magnitudo 3,7. Episentrum berada di kedalaman yang sama pada koordinat 9,49 derajat LS dan 112,87 derajat BT.

Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, Musripan mengatakan bahwa gempa itu akibat adanya aktivitas lempeng tektonik, yakni lempeng Indo Australia yg menyusup pada lempeng Eurasia.

"Pemicu gempa bumi ini diperkirakan adalah aktivitas sesar di Samudera Hindia, mekanisme sesar naik," kata Musripan.

Gempa itu dirasakan disejumlah daerah di Malang, seperti di Sawojajar Kota Malang, Lebak Harjo dan Ampelgading Kabupaten Malang.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bagyo Setiyono menyatakan belum mendapatkan adanya laporan kerusakan akibat gempa tersebut.

"Wilayah Kabupaten Malang sampai saat ini aman terkendali dan belum ada laporan kerusakan. Para petugas BPBD terus monitor dengan sarana yang ada baik langsung atau tidak seperti melalui potensi masyarakat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com