Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Janjikan Perbaikan Jalan Pascabanjir di Pasuruan

Kompas.com - 16/01/2017, 17:21 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf berjanji akan segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak akibat banjir di Kabupaten Pasuruan.

Gus Ipul, sapaannya, mengatakan bahwa dari 1.421 kilometer jalan provinsi di Jatim, hanya 628 kilometer yang berada dalam keadaan baik. Adapun jalan sepanjang 556 kilometer rusak dan 172 kilometer rusak ringan.

"Sedangkan yang rusak berat sekitar 23 kilometer," kata Gus Ipul saat meninjau jalan rusak di Bangil, Pasuruan, Senin (16/1/2017).

Dia mengaku bahwa sebagian besar jalan tersebut rusak akibat banjir di beberapa daerah di Jawa Timur.

Di Pasuruan, misalnya, banjir di daerah utara terjadi akibat hujan deras dalam dua pekan terakhir di daerah pegunungan. Jalan yang rusak meliputi jalan nasional di jalur pantai utara Jawa di Pasuruan-Probolinggo.

"Seperti, diketahui di jalan raya di sekitar Kecamatan Kraton, di sekitar perlintasan rel ini, rusak parah ini. Ini membahayakan bagi pengguna jalan," kata dia.

Ia berjanji akan memperbaiki jalan yang rusak itu pada Februari nanti. Untuk jalan nasional, pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melakukan tambal sulam saja agar tidak membahayakan pengguna jalan.

"Saya minta lubang-lubang jalan ini kalau tidak bisa ditambal, segera diuruk biar tidak menimbulkan korban jiwa," kata dia.

Pantauan Kompas.com, banyak jalan berlubang di jalur pantai utara Jawa yang menghubungkan Pasuruan-Probolinggo.

Kerusakan itu umumnya berupa aspal terkelupas dengan diameter 10-15 sentimeter dan kedalaman 10 sentimeter. Ada sejumlah ruas jalan yang aspalnya terkelupas hingga 1 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com