Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Cabai Mahal, Kulit Cabai Pun Makin Diminati

Kompas.com - 11/01/2017, 14:24 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kulit cabai yang sudah diambil bijinya kini semakin diminati pembeli di Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Jawa Tengah. Hal ini menjadi alternatif ditengah tingginya harga cabai yang terjadi beberapa pekan terakhir.

Umayah (48), seorang pedagang cabai di Pasar Rejowinangun, menuturkan belakangan ini banyak konsumen yang memilih untuk membeli kulit cabai, terutama cabai rawit merah, untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya konsumen berasal dari kalangan rumah tangga dan pedagang makanan.

"Dibanding cabai utuh, harga kulit cabai lebih murah sekitar Rp 40.000 per kilogram. Kalau cabai utuh saat ini Rp 80.000 - Rp 90.000 per kilogram," kata Umayah, Rabu (11/1/2017).

Umayah menjelaskan, kulit cabai yang dijualnya diambil dari para petani yang biasanya hanya memanfaatkan biji cabai untuk pembibitan. Menurut dia, kulit cabai rawit merah memang tidak terlalu pedas jika dibanding cabai utuh. Namun tetap lebih pedas dibanding cabai rawit hijau.

"Biasanya buat campuran membuat sambal dan saus," katanya.

Kendati demikian, permintaan cabai utuh masih tetap tinggi meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit. Setiap hari Umayah mampu menjual 10-50 kilogram cabai berbagai jenis.

Joko Budiono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, memaparkan, harga cabai di Kota Magelang dipantau di dua pasar tradisional, yakni Pasar Rejowinganun dan Pasar Kebonpolo.

Di Pasar Rejowinangun, harga cabai rawit merah terpantau Rp 80.000 per kilogram, cabai wrawit hijau Rp 50.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 40.000 per kilogram dan cabai merah keriting Rp 45.000 per kilogram.

Adapun di Pasar Kebonpolo, lanjut Joko, harga cabai rawit merah terpantau Rp 90.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 55.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 45.000 per kilogram dan cabai merah keriting Rp 50.000 per kilogram.

"Kami terus memantau ketersediaan dan harga cabai di Kota Magelang. Sejauh ini stok sekitar 3 ton cabai per hari dirasa masih cukup untuk memenuhi kebutuhan lokal," ujar Joko.

Menurut dia, tingginya harga cabai di Kota Magelang saat ini dipicu oleh faktor cuaca yang tidak menentu. Banyak tanaman cabai yang rusak sehingga panen tidak maksimal.

"Akibatnya antara stok dan permintaan pasar tidak seimbang," imbuhnya.

Di sisi lain, cabai Kota Magelang yang dipasok dari wilayah Kabupaten Magelang lebih banyak dikirim ke Jakarta dan Batam. Harga cabai di dua daerah itu lebih tinggi berkisar Rp 100.000 - Rp 130.000 per kilogram, sehingga berimbas di Kota Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com