Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rehabilitasi Pascagempa Pidie Jaya Hampir Rp 1 Triliun

Kompas.com - 06/01/2017, 07:24 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa dana rehabilitasi dan rekonstruksi akibat gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, hampir mencapai Rp 1 triliun.

"Saat ini proses inventarisasi dan saya sudah cek tadi angkanya mendekati Rp 1 triliun guna membangun sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya," kata Sri di Pidie Jaya, Aceh, Kamis (5/1/2017).

Kunjungan Sri itu dalam rangka penandatanganan prasasti peletakan batu pertama pembangunan kembali delapan unit ruang kelas SMP Negeri 2 Meureudu, Pidie Jaya. Dana pembangunannya bersumber dari sumbangan pegawai Kementerian Keuangan.

Sri mengatakan, dana rehabilitasi tersebut telah ada dalam APBN 2017. Dana itu akan dikoordinasikan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dengan memasukkan seluruh proposal pemerintah daerah, Kementerian Pendidikan, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta lembaga lain.

Menurut Sri, dana tersebut akan segera diproses sehingga bisa memulai pembangunan sarana ibadah, sekolah, rumah warga, dan jalan yang rusak akibat gempa.

"Insya Allah pembangunan kembali sarana dan prasarana yang rusak akibat gempa akan dilaksanakan pada 2017 dan dengan selesainya pembangunan kembali nantinya aktivitas kegiatan dapat berjalan normal kembali," katanya.

Ia juga berpesan kepada pemerintah daerah setempat untuk tetap membantu masyarakat dan dapat melakukan berbagai kegiatan penanganan bencana dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com