Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Ganjar Tidak Terima 300 Warga Rembang yang Jalan Kaki ke Semarang?

Kompas.com - 09/12/2016, 13:13 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tidak menemui secara langsung sekitar 300 warga Kabupaten Rembang yang melakukan aksi longmarch dari Rembang ke Semarang sejauh 150 kilometer. Ia memilih meninggalkan ruang kerjanya di Semarang, untuk menghadiri acara KPK di Pekan Baru, Riau.

Tokoh Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Gunretno mengatakan, jauh sebelum aksi longmarch, pihaknya telah berkomunikasi dengan Gubernur, melalui staf khusus Gubernur. Pihak gubernuran bahkan telah mempersilakan aksi itu, serta meminta bantuan apa yang bisa disediakan.

"Saya SMS Pak Ganjar langsung, dua hari juga ditelepon staf khusus apa salinan putusan sudah diterima atau belum. Saya juga minta izin jalan kaki longmarch agar enggak ada miskomunikasi," kata Gunretno, di Kompleks Gubernuran Jateng di Semarang, Jumat (9/12/2016).

Setelah itu, warga Rembang melakukan aksinya jalan kaki selama waktu lima hari sejak Senin (5/12/2016). Dalam waktu perjalanan itu, tidak ada komunikasi yang dilakukan.

"Sempat telepon, bilang Jumat pagi sudah sampai dan akan audiensi. Bilang apa yang dibutuhkan, tapi kepingin ketemu secara lisan, surat juga sudah," ujarnya.

"Pabrik semen bukan soal lingkungan saja, tapi sudah mengancam mata pencaharian warga," tambah Gunretno.

Perwakilan dari 300 warga dari Rembang sendiri akhirnya diterima perwakilan Pemerintah Provinsi Jateng.  Rombongan diterima oleh Asisten Pemerintahan Setda Pemprov Jateng Siswo Laksono, beserta Ketua Badan Lingkungan Hidup Jateng Agus Sriyanto.

Siswo mengatakan, perjuangan warga selama lima hari adalah momentum yang penting. Pihaknya lalu diminta menemui perwakilan warga.

"Saya ditelepon semalam oleh Pak gubernur untuk menerima rombongan. Beliau masih di Riau bersama gubenrur se-Indonesia acara pemberantasan korupsi," kata Siswo. 

Kamis (8/11/2016) Ganjar juga menegaskan tidak akan menemui mereka, karena akan mengikuti acara KPK di Riau. Baca: Ratusan Pejalan Kaki dari Rembang Tiba di Semarang, Ini Kata Ganjar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com