Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Sumut Kirim Satgas untuk Tangani Korban Gempa dan Amankan Pilkada Aceh

Kompas.com - 08/12/2016, 22:04 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Kepala Polda Sumatera Utara melepas 221 personel Polda Sumut untuk berangkat ke Aceh dalam rangka tugas kemanusiaan terkait bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya.

Selain itu, Satgas Polda Sumut khususnya Satuan Brimobda Sumut mendapat tugas lanjutan, yaitu pengamanan Pilkada Serentak di Provinsi Aceh atau Operasi Mantap Praja Rencong 2017.

"Semua personel yang melaksanakan tugas BKO agar menjalankannya dengan tulus ikhlas. Berperilaku sopan santun, humanis, dan bertanggung jawab," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kamis (8/12/2016).

Tim yang dikerahkan terdiri dari dua kompi Brimob, yaitu 200 personel Brimob, 5 personel dari Ditsabhara, dan 16 personel Tim Medis Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Sumut.

Untuk tugas kemanusiaan, Polda Sumut juga membawa bantuan dari Kepala Polri untuk warga yang terkena musibah gempa. Bantuan berupa ribuan dus mi instan, air mineral gelas, biskuit, susu kental cair, dan lima ton gula pasir.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, tim dipimpin Kompol Romy. Adapun 15 tenaga medis terdiri dari empat dokter, delapan perawat, dan tenaga bantuan transportasi. Tim ini didukung dua unit ambulans dan satu unit kendaraan dinas untuk operasionalisasi di lokasi bencana.

"Tim akan ke lokasi bencana dan mendirikan posko," kata Nainggolan.

Wakil Kepala RS Bhayangkara Tingkat II Medan AKBP Zulkhairi mengatakan, selama di lokasi bencana, tim mengutamakan evakuasi dan pertolongan kepada para korban yang selamat.

"Tim akan berada di lokasi bencana sesuai dengan masa tanggap darutat, yakni tujuh hari," ucap Zulkhairi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com