Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma Gempa Aceh 2004, Warga Pidie Jaya Bertahan di Pengungsian

Kompas.com - 07/12/2016, 23:04 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com - Warga terdampak gempa di Kabupaten Pidie Jaya masih trauma dan takut pulang ke rumah mereka. Warga memutuskan bertahan di sejumlah masjid dan membuat posko pengungsian.

Warga di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, masih teringat akan bencana gempa dan tsunami di Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004.

Saat ini mereka memilih bertahan di masjid dan tidak kembali ke rumah untuk sementara waktu. Lagi pula, rumah mereka rusak atau bahkan rubuh akibat gempa.

Mereka khawatir akan guncangan gempa susulan yang bisa menimbulkan gelombang tinggi.

Warga yang mengungsi berasal dari Desa Buangan dan Lueng Blimbang. Kedua desa ini berada di pesisir pantai.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Warga korban gempa mengungsi sementara di Masjid Jami Al-Istiqamah Rhieng di Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie jaya, Aceh, Kamis, (8/12/2016). Gempa-gempa susulan yang masih terjadi sejak kemarin membuat seluruh warga yang menetap di Kabupaten Pidie Jaya memanfaatkan masjid sebagai tempat tinggal sementara.
"Kamu takut guncangan gempa bisa menimbulkan gelombang tinggi, makanya kami memilih bertahan di sini saja sampai situasi tenang," ujar Khairiah, warga Desa Buangan, Rabu (7/12/2016).

Situasi lokasi pengungsian warga terlihat gelap karena tidak ada aliran listrik. Belasan tiang listrik tumbang akibat guncangan gempa.

"Saat ini baru ada mesin generator kecil yang dari Dinas Sosial setempat sekaligus mendirikan dapur umum," ujar Novi, relawan di posko pengungsian.

Pemerintah setempat terus menyiapkan logistik untuk para pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com