Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Gorontalo Gelar Apel Nusantara Bersatu

Kompas.com - 30/11/2016, 08:41 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com –  Masyarakat Gorontalo melakukan Apel Nusantara Bersatu di Lapangan Taruna Remaja, daerah setempat, Rabu pagi (30/11/2016).

Peserta apel berasal dari unsur masyarakat, aparat sipil negara (ASN), TNI, Polri dan sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Apel ini menegaskan kebinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam kegiatan ini juga disuguhkan berbagai atraksi budaya nusantara seperti tarian tradisional.

“Saat ini banyak masalah yang melanda Indonesia, terutama yang menyangkut persatuan dan kesatuan. Kita tidak ingin ada perpecahan,” kata Kapolda Gorontalo Brigjen Rachmat Fudail, Rabu.

Kapolda mengingatkan, Indonesia merupakan negara besar yang beragam suku agama dan budaya. Juga ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman ini adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya.

“Dalam wilayah Indonesia terdapat hutan, gas alam, emas dan sumber daya alam lainnya yang harus dijaga dan digunakan untuk kemakumuran masyarakat,” ungkap Rachmat Fudail.

Perbedaan dan keberagaman ini harus diterima sebagai rahmat dan modal dalam mengukuhkan NKRI.

Dalam apel ini ditegaskan empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bineka Tunggal Ika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com