Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Sikka NTT

Kompas.com - 11/11/2016, 20:35 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com - Gempa bumi dengan kekuatan 4,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (11/11/2016).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Hasanudin kepada Kompas.com mengatakan, gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 17.57 Wita.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,05 derajat Lintang Selatan dan 122,04 derajat Bujur Timur, pada kedalaman 208 kilometer. Pusat gempa bumi 70 kilometer barat laut Kabupaten Sikka.

"Terkait dengan peristiwa gempa bumi di Barat Laut Kabupaten Sikka yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 18.30 Wita, belum ada laporan dari warga,"kata Hasanudin.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Utara Kabupaten Sikka diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas sesar lokal.

"Berdasarkan peta tatanan tektonik daerah NTT tampak bahwa di lokasi episenter gempa bumi memang terdapat struktur sesar lokal. Diperkirakan struktur sesar ini, yang mengalami reaktivasi hingga memicu gempa menengah," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com