Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Lamongan Ringkus Jambret Spesialis Pelajar

Kompas.com - 05/11/2016, 00:48 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Hariyono (34), warga Desa Dinoyo RT17/RW5, Kecamatan Deket, Lamongan, Jawa Timur, diringkus jajaran Satreskrim Polres Lamongan setelah menjambret seorang gadis.

Hariyono termasuk ke daftar pencarian orang Polres Lamongan lantaran diduga telah beberapa kali menjambret siswi di area Kota Lamongan.

Aksi Hariyono terendus petugas kepolisian setelah merampas telepon seluler milik Kinasih Utomo Putri.

“Karena mendapat laporan perampasan dari Kinasih (16), jajaran kami lantas melakukan pengembangan dan kemudian berhasil menangkap pelaku. Di mana kejadian penjambretan sendiri berlangsung pada 31 Oktober 2016 lalu,” tutur Kepala Urusan Subbag Humas Polres Lamongan, Ipda Raksan, Jumat (4/11/2016).

Dari penuturan Raksan, Kinasih merupakan warga Dusun Ketawang, Desa Karang Geneng, Kecamatan Karang Geneng, Lamongan.

Lantaran dirinya sedang menuntut ilmu di sekolah yang berada di kawasan kota, maka Kinasih pun memutuskan tinggal di kamar kos di Gang Ikan Dorang, Desa Banjar Mendalan, Kecamatan kota, Lamongan.

“Menurut pengakuan pelaku saat pemeriksaan, ia membuntuti korban dulu, yang hendak pulang ke rumah kos. Begitu situasi sepi, pelaku melakukan aksinya dengan menyalip korban dengan menumpang sepeda motor dan merampas handphone milik korban merk Asus, yang saat itu masih dipegang oleh tangan korban,” terangnya.

Meski telah mengakui perbuatannya, pihak kepolisian tidak percaya begitu saja pengakuan pelaku. Karena akhir-akhir ini, penjambretan di kawasan Lamongan kota dinilai meningkat dan korbannya kebanyakan adalah siswa perempuan.

“Dalam pemeriksaan, pelaku mengaku baru dua kali menjalankan aksinya dan sudah keburu ditangkap petugas. Tapi kami masih terus kembangkan, karena saat diamankan di rumahnya, anggota setidaknya mengamankan empat unit handphone berbagai merk, termasuk handphone milik Kinasih,” beber Raksan.

Selain ponsel berbagai merek, petugas kepolisian juga menyita satu unit sepeda motor Honda Vario 150 tahun 2016 warna hitam dengan Nopol S 3365 MW, sebagai barang bukti yang biasa digunakan pelaku dalam beraksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com