Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penetapan Calon Bupati Buton, Cabup Petahana Diwakili Sang Istri

Kompas.com - 24/10/2016, 17:12 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com – Salah satu dari pasangan calon Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun tidak menghadiri dalam penetapan calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Buton 2017 yang dilakukan KPU Buton di Hotel Muslimah, Senin (24/10/2016).

Posisi Umar Samiun dalam penetapan calon tersebut digantikan istrinya sendiri, Iis Eliyanti dan calon Wakil Bupati Buton La Bakry.

“Beliau (Umar) masih ada urusan di Jakarta. Satu atau dua hari ini akan balik (ke Buton),” kata La Bakry kepada sejumlah media, Senin.

Sementara itu, KPU Buton melalui rapat pleno menetapkan pasangan Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry (Umar-Bakry) sebagai calon tunggal dalam Pilkada Buton 2017. Calon petahana ini diusung tujuh gabungan partai politik yang memiliki 20 kursi di DPRD Buton.

“Menetapkan pasangan calon peserta pemilihan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buton tahun 2017 yaitu, calon Bupati Samsu Umar Abdul Samiun SH dan calon Wakil Bupati Drs La Bakry MSi. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, Pasarwajo, 24 Oktober 2016," ujar salah seorang anggota KPU Buton, La Rusuli.

Ketua KPU Buton Alimudin menjelaskan, pihaknya telah memeriksa, meneliti, dan menverifikasi kebenaran dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon bakal pasangan Umar-Bakry. Ia menyimpulkan, dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon bakal pasangan calon tersebut telah memenuhi syarat dan ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Buton 2017.

Pasangan Umar-Bakry memiliki 20 kursi di DPRD Buton dengan persentase 80 persen dari 25 kursi yang ada. Partai politik yang mengusung pasangan Umar-Bakry adalah PAN 8 kursi, PKB 2 kursi, PBB 2 kursi, PKS 2 kursi, Nasdem 2 kursi, Demokrat 2 kursi, dan Golkar 2 kursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com